Gelar Festival Komunikasi Budaya, Unpas Usung Harmoni Dalam Keberagaman

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Mahasiswa Program (Prodi) Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Pasundan (Unpas) menggelar Konferensi Komunikasi Budaya dan Pameran Foto pada 11-12 Juni 2024.

Pekerjaan ini dilakukan di Aula Suradiredja Kampus I Unpas Lengkong. India dan dunia mengetahui nilai melestarikan kehidupan kearifan lokal merupakan sesuatu yang cukup untuk mengapresiasi budaya yang berbeda.

Koordinator Komunikasi Budaya dan Pendidikan Daerah Yulia Segarwati mengatakan, Program Ilmu Komunikasi Angkatan 2022 sebanyak 500 mahasiswa itu berasal dari daerah, Ia mengatakan, ada 35 kelompok budaya nasional dan internasional yang terwakili. Hanya dengan cara itulah siswa dapat belajar tentang komunikasi lintas budaya.

“Kegiatan ini merupakan tugas akhir dari mata kuliah Komunikasi Budaya dan Pendidikan Lokal. “Mahasiswa yang ingin mengikuti kegiatan menarik yang merayakan budaya lokal, nasional, dan internasional seperti peragaan busana, adat istiadat, permainan tradisional, makanan tradisional, lomba pidato,” kata Yulia, Sabtu (15/6/2024).

Vera Hermawan, Ketua Program Studi Komunikasi FISIP Unpas, mengatakan acara komunikasi budaya ini menginstruksikan para mahasiswa untuk mampu mengimplementasikan pembelajaran setiap hari.

Dalam kurikulum OBE, pemahaman bukan hanya apa yang dipahami mahasiswa tentang teori saja, namun juga apa yang dilakukan mahasiswa setelah memahami konsep dan konsep mata kuliah.

Dalam pertukaran budaya tersebut, Vera menyampaikan bahwa masyarakatnya adalah orang-orang hebat yang mengetahui sejarah dan akar budaya negaranya, dan menurut saya diversifikasi bisnis ini akan menjadi salah satu pilar kebenaran pulau tersebut.

“Persatuan dalam keberagaman adalah akhir dari pemahaman budaya kita.” Kami berharap ini menjadi kerangka dasar bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan ide-idenya dalam bisnisnya, terutama bagi para pemimpin masa depan,” ujarnya.

Kunkunrat Unpas, Dekan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, berhasil meraih penghargaan Aktor Terbaik pada upacara tersebut. Video Terbaik Pertunjukan Terbaik Podcast Bahasa Inggris Terbaik Aktor Terbaik Nominasi dan pemenang penghargaan antara lain Film Pendek Bagus dan Grup Pasundan Bagus diumumkan dalam acara tersebut.

Tim terbaik pada hari pertama dan kedua; Penghargaan dan pemenang akan diumumkan dalam tiga kategori, termasuk pakaian terbaik dan penampilan terbaik.

“Acara ini akan menambah pengalaman berinvestasi di tempat-tempat yang memiliki berbagai tradisi dan saling menghormati antar peserta dari dekat maupun jauh. Saya berharap dapat mendorong rasa ingin tahu dan dialog. “Selain itu untuk meningkatkan soft skill mahasiswa terkait kerjasama tim, kreativitas dan manajemen tim melalui pendekatan antar budaya.” kata Kunkunrat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours