FHCI BUMN menggelar EIRC 2024 akselerasi transformasi SDM di BUMN

Estimated read time 2 min read

Badung, Bali dlbrw.com – Forum Human Capital Indonesia (FHCI) menggelar Employee and Industrial Relations Conference (EIRC) 2024 untuk mendukung pesatnya transformasi sumber daya manusia (SDM) di BUMN.

“Kami di BUMN terus membenahi manajemen, proses bisnis dan tidak melupakan sumber daya manusia. Salah satu aspek SDM yang mengalami transformasi adalah hubungan antara perusahaan dan pekerja,” kata Asisten Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi BUMN, di sela-sela. EIRC 2024 di Kuta, Kabupaten Badung, Bali pada Kamis.

Menurutnya, Pemerintah lebih memperhatikan hubungan antara perusahaan dan pekerjanya; Karena setelah kinerja terbaik perusahaan, waktunya bagi perusahaan; Sebab ada dukungan dari para pekerja yang telah mendedikasikan tenaga dan pemikirannya.

Ia berharap Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga saling menjaga dan bekerjasama dengan BUMN lain yang saat ini berjumlah 41 perusahaan.

“FHCI kita harapkan menjadi akselerator komunikasi yang lebih baik dan saling belajar antar BUMN. Ada perusahaan yang kuat, ada yang perlu dikembangkan. Ini peran kita untuk mendorong semua perusahaan menjadi lebih baik,” imbuhnya.

Presiden FHCI Jenderal Agus Dwi Handaya mengatakan upaya transformasi yang dilakukan Kementerian BUMN kredibel; penuh bakat, harmoni, Loyalitas Mendukung arsitektur sumber daya manusia (HR Architecture) yang meneguhkan nilai-nilai fleksibilitas dan kerjasama (AKHLAK).

Arsitektur ini memberikan kerangka konseptual bagi seluruh BUMN mengenai pilar-pilar yang menjadi fokus transformasi sumber daya manusia; Salah satunya terkait hubungan antara perusahaan dan karyawannya.

Menurutnya, Arsitektur SDM memiliki empat inti; Panduan Perusahaan Delapan Pilar dan Lima Penggerak.

Empat dasar tersebut adalah tujuan, nilai-nilai dasar; proposisi nilai; adalah strategi bisnis-HR.

Kemudian, pada delapan pilar, budaya dan desain organisasi; akuisisi bakat dan perencanaan tenaga kerja; peningkatan kapasitas dan pembelajaran; manajemen karir dan bakat; suksesi dan kepemimpinan; manajemen kinerja; pengelolaan manfaat dan kompensasi; Termasuk hubungan perusahaan-karyawan.

Selain itu, lima pendorongnya adalah manajemen perubahan dan komunikasi dengan sumber daya manusia; Model operasional SDM; kapasitas tim SDM; administrasi SDM; dan analisis masyarakat dan teknologi SDM.

“8 pilar arsitektur HC akan memperkuat penerapan AKHLAK dalam perilaku sehari-hari insan BUMN di setiap perusahaan,” kata Agus Dwi Handaya, Direktur Kepatuhan dan Sumber Daya Manusia Bank Mandira.

BUMN Tujuan konferensi yang diselenggarakan FHCI dan Kementerian Pertamina ini adalah untuk mengajak para pimpinan SDM meningkatkan hubungan harmonis dengan pekerja. Pernyataan yang jelas dibuat untuk mencapai keseimbangan antara kesejahteraan karyawan dan kinerja perusahaan.

Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA; Hadir direksi BUMN yang membidangi sumber daya manusia, termasuk Nina Kurnia Dewi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours