5 Momen Hari yang Diperingati Setiap 10 Oktober di Dunia

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Inilah beberapa momen yang diperingati seluruh dunia setiap tanggal 10 Oktober. Ada beberapa hari jadi penting yang dirayakan di berbagai belahan dunia. Masing-masing peringatan ini memiliki arti dan tujuan yang berbeda, baik terkait dengan kesehatan, riwayat, atau peringatan khusus yang unik. Artikel kali ini akan membahas beberapa hari jadi setiap tanggal 10 Oktober di seluruh dunia, simak ya!

Apa peringatan setiap tanggal 10 Oktober di dunia?

1. Hari Sedunia Menentang Hukuman Mati

Hari Menentang Hukuman Mati Sedunia atau World Day Against the Death Penalty diperingati setiap tahun pada tanggal 10 Oktober sejak tahun 2003 oleh Koalisi Global Menentang Hukuman Mati.

Tujuan peringatan ini adalah untuk mendukung penghapusan hukuman mati di seluruh dunia. Setiap tahunnya fokus pada aspek tertentu dari penerapan hukuman mati, seperti dampaknya terhadap keluarga, diskriminasi dalam penerapannya, atau hak asasi manusia yang dilanggar.

Hukuman mati masih dipraktikkan di beberapa negara, meskipun banyak negara lain yang telah menghapuskan praktik tersebut. Pada hari ini, para aktivis, organisasi hak asasi manusia dan berbagai kelompok lainnya menyatakan dukungannya terhadap diakhirinya hukuman mati dan juga menuntut perlindungan hak untuk hidup tanpa diskriminasi.

2. Hari Tunawisma Sedunia

Hari Tunawisma Sedunia diperingati pada tanggal 10 Oktober setiap tahunnya. Hari ini pertama kali diadakan pada tanggal 10 Oktober 2020. Hari Tunawisma Sedunia diawali dengan diskusi antar aktivis yang terlibat dalam membantu para tunawisma di negaranya. Tujuan dari peringatan hari tunawisma adalah untuk mengangkat permasalahan tunawisma dan perumahan yang tidak layak.

Para aktivis ini ingin memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam memerangi tunawisma. Setiap tanggal 10 Oktober, Hari Tunawisma Sedunia mempertemukan orang-orang yang berpikiran sama untuk membantu para tunawisma. Selain itu, pada hari itu juga dimunculkan perlunya pembangunan rumah layak huni bagi para tunawisma.

3. Hari penyertaan

Hari Inklusi adalah hari yang didedikasikan untuk memastikan bahwa orang-orang dengan berbagai kemampuan, latar belakang, usia, ras, agama, jenis kelamin, dan karakteristik lainnya berhak diterima dan diperlakukan secara adil. Hari ini dirayakan untuk menghormati keberagaman orang yang patut dihormati.

Meski asal usulnya tidak diketahui, namun tetap diperingati pada tanggal 10 Oktober setiap tahunnya. Salah satu organisasi yang berpartisipasi dalam perayaan ini adalah “Garden Foundation”.

Meski asal usulnya masih belum jelas, Hari Inklusi memberikan kesempatan besar untuk belajar tentang budaya lain dan mengapresiasi keberagaman yang ada.

4. Hari Kesehatan Mental Sedunia

Hari Kesehatan Mental Sedunia diperingati pada tanggal 10 Oktober setiap tahunnya. Peringatan ini telah dimulai sejak tahun 1992 oleh Federasi Kesehatan Mental Dunia. Tujuan utama Hari Kesehatan Mental Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat global tentang pentingnya kesehatan mental.

Kesehatan mental seringkali masih dianggap sebagai hal yang tabu di banyak negara. Oleh karena itu, peringatan ini bertujuan untuk mendidik masyarakat, melawan stigma terhadap penderita gangguan jiwa, dan mendorong pemerintah dan organisasi untuk memberikan akses yang lebih baik terhadap layanan kesehatan mental. Setiap tahunnya, Hari Kesehatan Mental Sedunia memiliki tema berbeda, menyoroti isu-isu penting seperti depresi, kecemasan, dan pencegahan bunuh diri.

5. Hari Penglihatan Sedunia

Hari Penglihatan Sedunia biasanya jatuh pada hari Kamis kedua bulan Oktober dan kebetulan tahun ini jatuh pada tanggal 10 Oktober. Hari ini didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesehatan mata dan mencegah kebutaan yang dapat dicegah. Hari Penglihatan Sedunia diselenggarakan oleh Badan Internasional untuk Pencegahan Kebutaan (IAPB) dan bertujuan untuk mengingatkan masyarakat global akan pentingnya pemeriksaan mata secara teratur serta meningkatkan akses terhadap layanan kesehatan mata.

Topiknya bervariasi setiap tahunnya, mulai dari “Hak untuk Melihat” hingga “Perawatan Mata untuk Semua”. Pada Hari Penglihatan Sedunia, organisasi kesehatan mata dan badan amal di seluruh dunia mengadakan kampanye, seminar, dan kegiatan untuk mendukung pencegahan kebutaan dan meningkatkan akses terhadap perawatan mata.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours