Masuk final, Saptoyogo catatkan waktu terbaiknya tahun ini

Estimated read time 2 min read

JAKARTA dlbrw.com – Atlet lari Indonesia Saputoyogo Purnomo sukses mencapai final 200m putra kategori T37 di Paralimpiade 2024.

Pada Sabtu (9/7) dini hari WIB, Saputoyogo meraih hasil terbaiknya tahun ini (best result of the season) di kualifikasi Stade de France sehingga menciptakan tren yang semakin positif.

Berdasarkan keterangan resmi Komite Paralimpiade Indonesia (NPC), Saputoyogo menghadapi Ricardo Gomez Demendonca dari Brasil dan Michal Kotkoski dari Polandia di babak pertama penyisihan. Kedua nama ini bergabung dengan Ali Nahli dari Arab Saudi di babak pertama kualifikasi.

Meski begitu, Saputoyogo meraih hasil luar biasa dengan catatan waktu tercepat di heat pertama. Saptoyogo finis dalam waktu 23,41 detik.

Catatan waktu ini merupakan waktu terbaik sepanjang tahun bagi Saptoyogo. Sedangkan Ali Nakhli dengan skor 23,43 detik, Michal dan Ricardo dengan skor 23,51 detik tertinggal di belakangnya.

Rekor tersebut menjadikan Saptoyogo sebagai pelari tercepat kedua yang lolos ke nomor 200m T37.

Pemain Brazil Gabriel Luiz da Costa memenangi yang kedua dengan waktu 23,05 detik, unggul atas Saptoyogo.

Saptoyogo pun lolos ke final 200m T37 pada Sabtu (9 Juli) pukul 15.40 WIB.

Usai pertandingan, Saputoyogo mengaku senang bisa meraih hasil terbaiknya tahun ini di kualifikasi Stade de France. Nomor 200m T37, Saputoyogo hanya punya target mencapai final.

“Tujuannya adalah mencapai final terlebih dahulu karena lari 200m bukan keahlian saya, tapi ini mungkin waktu terbaik saya musim ini,” kata Saputoyogo.

Meski demikian, ia menyatakan akan berjuang keras di final. Tak ayal, ia akan mengalami cedera pada nomor 200m Asian Para Games 2022 di Hangzhou.

“Ada tikungan di 200m. Saya pernah cedera sekali di tikungan di Hangzhou. Kalau begitu, masih aman. Besok saya akan kembali bugar (di final),” kata Saputoyogo.

Tak butuh waktu lama bagi Saputoyogo dan para finalis untuk mempersiapkan diri menuju babak final. Delapan pelari teratas pada nomor 200m T37 akan bertanding di final pada pagi hari waktu Paris.

“Yang penting menjaga kondisi wisma atlet, harus konsentrasi, tidur yang cukup,” kata Saputoyogo.

Selain Saptoyogo Purnomo, tim atletik Indonesia juga mengirimkan tim perwakilannya untuk berlaga di ajang kualifikasi 100m putri T42/63 yang digelar setelah final 200m T37 putra.

Karisma Evi Tiara akan bertanding di babak kualifikasi kedua bersama wakil Italia, Jepang, Swiss, dan Amerika Serikat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours