Kirab bendera dan naskah Proklamasi Monas-IKN akan jadi tradisi

Estimated read time 2 min read

Jakarta dlbrw.com – Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, parade Bendera Pusaka Merah Putih dan Teks Deklarasi dari Monumen Nasional ke Ibu Kota Kepulauan (IKN), Kalimantan Timur, akan menjadi tradisi tahunan memperingati Hari Kemerdekaan. Republik Indonesia.

Insya Allah akan menjadi tradisi. Awalnya acara ini diadakan setiap tahun sejak 2016 dengan karnaval dari Monas hingga Istana Jakarta. Tahun ini akan ada hajatan khusus dari Monas hingga IKN dan hajatan di dua kota. , yaitu Jakarta dan Jakarta. Istana IKN,” kata Heru usai menempatkan keduanya di Monas Jakarta, Sabtu.

Heru mengatakan, perayaan kedua ahli waris ini merupakan kegiatan terakhir dari rangkaian kegiatan di bulan kemerdekaan dalam rangka memperingati HUT RI ke-79.

Sebelumnya, keduanya dibawa dari Monas menuju IKN Kalimantan Timur pada 10 Agustus 2024 untuk disampaikan pada rapat pengumuman kedua di Istana Pemerintahan IKN bersama Presiden Joko Widodo.

Di Istana IKN, dua artefak sejarah disimpan dalam ruangan yang disiapkan khusus.

Desain pertama istana.

Jadi ada dua ruangan khusus, kiri dan kanan, untuk meletakkan bendera Merah Putih dan teks pengumuman. Ini sudah direncanakan dari awal sebagai bagian dari desain istana, kata Heru.

Setelah ditempatkan di Istana Negara IKN, keduanya dikembalikan ke tempatnya dan ditempatkan di ruang otonomi Mangkuk Monas Jakarta.

Sesuai Pasal 5 UU 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara, dan Lagu Kebangsaan, bendera pusaka disimpan dan dilestarikan di Museum Nasional Jakarta.

“Sesuai undang-undang, Saka Merah Putih dan naskah pengumumannya berada di Ibu Kota Negara Republik Indonesia. Kita lihat nanti dia resmi kembali ke IKN, tentunya nanti akan kita tambahkan, “. ujar Heru.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours