Sejarah Lahirnya HUT TNI 5 Oktober, dari BKR, TKR hingga Pernah Bernama TRI

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Begini kisah HUT TNI yang diperingati pada tanggal 5 Oktober setiap tahunnya. TNI genap berusia 79 tahun pada tahun ini. Acara HUT ke-79 kembali ditutup di Lapangan Monas Jakarta pada Sabtu, 5 Oktober 2024 dengan rencana serangkaian atraksi dan hiburan masyarakat. Artikel kali ini akan membahas tentang Sejarah Asal Usul Yobel TNI, Simak!

Kutipan dari situs resmi TNI: Sejarah panjang militer Indonesia dimulai pada tanggal 22 Agustus 1945 dengan berdirinya Badan Keamanan Rakyat (PSA). Selanjutnya pada tanggal 5 Oktober 1945, BKR berganti nama menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR). TKR berganti nama menjadi Tentara Keselamatan Rakyat.

Pada tahun 1946, TKR berganti nama menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI) untuk menyelaraskan strukturnya dengan kebijakan militer internasional.

Setahun kemudian, Presiden Sukarno meresmikan pembentukan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Tujuannya adalah untuk menyatukan dua angkatan bersenjata, yaitu TRI sebagai tentara reguler dan organ perjuangan rakyat.

Pada saat-saat kritis Perang Kemerdekaan (1945-1949), TNI menjadi Tentara Rakyat, Tentara Revolusioner, dan Tentara Nasional. TNI menghadapi tantangan domestik dan internasional, baik militer maupun politik.

Kemunduran yang dihadapi TNI adalah pemberontakan PKI di Madiun, Darul Islam (DI) di Jawa Barat, dan invasi militer Belanda. Saat melawan Belanda, TNI berjuang bersama rakyat untuk melancarkan perang rakyat sedunia. Pasca invasi militer, TNI terus menumpas pemberontakan-pemberontakan yang mengancam keutuhan negara Indonesia.

Saat ini TNI terdiri dari TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Darat, dan TNI Angkatan Udara. Setiap orang mempunyai tugas untuk menjaga keberlangsungan negara.

Misi utama TNI adalah menjaga kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan Indonesia dari segala pertumpahan darah. Ancaman dan pelanggaran integritas bangsa dan negara.

Simak Tema HUT TNI ke-79

Setiap tahunnya tema HUT TNI berbeda-beda. Tema HUT TNI ke-79 kali ini adalah “TNI Modern Siap Bersama Rakyat Menjaga Kesinambungan Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju”.

Tema hari lahir ini diangkat sebagai momen refleksi penguatan peran TNI dalam menegakkan kedaulatan dan keutuhan NKRI. Tema ini mencerminkan tekad TNI untuk mendukung proses transisi kepemimpinan nasional melalui kekuatan militer modern dan dukungan masyarakat.

Tujuan dan Tema HUT TNI 2024

Tujuan utama perayaan HUT TNI adalah untuk menghormati sejarah perjuangan TNI menjaga kemerdekaan dan kedaulatan negara. Selain itu, kewaspadaan juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan peran penting TNI dalam menjaga keamanan dan ketahanan nasional.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours