Ini Alasan Kementerian Kominfo Diubah Jadi Komdigi: Fokus Era Digital!

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Presiden RI Prabowo Subianto resmi mengumumkan menteri-menteri yang akan bekerja bersamanya dalam lima tahun ke depan.

Salah satu perubahan besar yang terjadi di Kabinet Merah Putih adalah nama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang kini diubah menjadi Kementerian Komunikasi dan Teknologi Digital (Komdigi).

Alasan perubahan nama tersebut dijelaskan Menteri Perhubungan Meutiya Wiyada Hafid.

“Perubahan ini merupakan jawaban terhadap tantangan zaman dan sesuai dengan Asta Cita Presiden Probov yang menekankan pada digitalisasi. Oleh karena itu, nama ‘Komunikasi dan Informatika’ diubah menjadi ‘Komunikasi dan Digital’,” kata Meutya, Senin (21 Oktober 2024) di kantor Kominfo.

Menurutnya, Komdigi akan mengintegrasikan komunikasi dan digitalisasi sebagai fokus utamanya, salah satunya memastikan pemerataan akses Internet di daerah 3T (tertinggal, perbatasan, dan terpencil).

“Kami akan segera mengunjungi daerah 3T khususnya di wilayah timur Indonesia untuk memastikan koneksi internet di sana lancar dan cepat. Koneksi internet saat ini sudah mencapai 80%, namun kecepatannya belum merata. “Kami berharap seluruh daerah bisa menggunakan Internet cepat,” tambah Meutya.

Selain memperluas akses internet, Komdigi juga akan terus memerangi perjudian online yang marak di Indonesia.

Meutya menegaskan Komdigi juga fokus menciptakan ruang digital yang aman bagi anak.

“Presiden sangat mendukung upaya kita tidak hanya memerangi perjudian online, tetapi juga menyediakan internet ramah anak untuk melindungi mereka dari konten negatif,” tutupnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours