Pindad Bongkar Spek Luar – Dalam Maung Garuda, Ini Detailnya

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Mobil bernama Maung Garuda karya anak bangsa yang digunakan Presiden terpilih Prabowo Subianto usai peresmian gedung DRC untuk kursi kepresidenan ini menarik perhatian banyak pihak.

Meski mengusung nama Maung, namun kendaraan ini memiliki tampilan berbeda dibandingkan yang digunakan sebagian besar pejabat negara. SUV bertenaga ini menampilkan gambar ‘Garuda’ berukuran besar di bagian belakang, dengan bagasi yang lebih panjang dibandingkan model biasa.

Nama resmi PT Pindad adalah MV3 Garuda Limousine. Inilah kendaraan terbaru produksi industri pertahanan dalam negeri yang akan digunakan oleh Presiden Prabowo Subianto.

MV3 Garuda Limousine merupakan versi terbaru MV3 yang dirancang dan dikembangkan sesuai langsung dengan arahan Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto.

Direktur Utama PT Pindad Abraham Moss mengaku bangga dapat menggunakan armada MV3 Garuda Limousine pada kesempatan bersejarah tersebut. Ia sangat berterima kasih kepada Presiden RI yang selalu mendorong perkembangan industri pertahanan dalam negeri khususnya PT Pindad.

“Tentunya kami sangat terharu dan bangga karena MV3 Garuda Limousine terbaru karya anak bangsa ini dapat dimanfaatkan dalam momen bersejarah dan mendapat kepercayaan dari Presiden RI Bapak. Prabu Subianto. dan tidak pernah berhenti memberikan kepercayaan, menantang dan mendorong penggunaan produk-produk lokal produksi Pindad untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kualitasnya.”

PT Bindad mengungkapkan kendaraan ini dirancang khusus untuk model MV3 untuk Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Bindad mengklaim mobil berwarna putih ini sangat protektif dan menawarkan kenyamanan dengan material berkualitas tinggi dan fitur terkini.

Di bagian luar, Garuda dilengkapi dengan side step otomatis untuk memudahkan masuk dan keluar kendaraan. Lambang Garuda merupakan lambang kekuatan dan gerak dinamis yang ditampilkan mulai dari sayap hingga ujung yang terlihat bahkan ketika roda kendaraan sedang bergerak.

Batik parang terinspirasi dari web yang mewakili kearifan lokal sekaligus bagian dari jati diri bangsa. Di bagian belakang, knalpot ganda telah digunakan untuk meningkatkan performa mobil.

Masuk ke interior, material yang digunakan beraksen kayu, dilengkapi dengan kursi penumpang kapten dengan power steering serta foot rest dan panel sentuh limousine. Mobil ini juga dilengkapi dengan head unit berukuran 12 inci, kamera 360 derajat, LED Smart TV, penyimpanan kulkas, dan WiFi portabel.

Garuda memiliki berat 2,95 ton, panjang 5,05 meter, lebar 2,06 meter, dan lebar 1,87 meter. Mobil ini memiliki desain wheelbase yang panjang sehingga mampu memberikan Anda ruang dan kenyamanan yang cukup.

Sebagai mobil kepresidenan, fitur keselamatan disertakan di seluruh area mobil. Mulai dari bodi dengan material armor komposit yang tahan terhadap balistik NATO 7,62 x 51 mm dan peluru M193 5,56 x 45 mm, serta kaca peluru standar B5/B6.

Tak lupa dilengkapi dengan ban Run Flat Tire (RFT) berukuran 21 inci yang mampu membuat Anda tetap melaju meski jalan berlubang.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours