Dilapisi Teknologi Antipeluru, Fitur Keamanan Maung Garuda Setara Mercedes-Benz S 600

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Presiden terpilih Prabowo Subianto menaiki Maung Garuda buatan PT Pindad usai acara grand opening dari Gedung DPR RI hingga Gedung Presiden. Berbeda dengan presiden-presiden sebelumnya, mobil Prabowo berwarna putih.

Meski menggunakan nama Maung, namun mobil ini berbeda dengan yang biasa digunakan pejabat pemerintah. SUV kekar ini memiliki tulisan ‘Garuda’ yang lebih besar di bagian belakang dibandingkan versi reguler.

Nama resmi PT Pindad adalah MV3 Garuda Limousine. Ini merupakan mesin terbaru produksi industri pertahanan dalam negeri yang akan digunakan oleh Presiden Probov Subianto.

MV3 Garuda Limousine merupakan varian pengembangan dari MV3 yang dirancang dan dibangun mengikuti langsung instruksi Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto.

Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose mengaku bangga bisa menggunakan MV3 Garuda Limousine di momen bersejarah ini. Ia sangat berterima kasih kepada Presiden RI yang terus mendorong pengembangan industri pertahanan dalam negeri, khususnya PT Pindad.

“Tentunya kami terharu dan bangga karena kendaraan terbaru kami, MV3 Garuda Limousine karya anak bangsa, dapat digunakan dalam momen bersejarah yang dipercaya oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak. Prabowo Subianto yang tidak pernah berhenti. memberikan keyakinan, tantangan dan mendorong pemanfaatan produk-produk produksi lokal di Pindad untuk lebih mengembangkan dan meningkatkan kualitasnya,” kata Abraham Moses.

PT Pindad mengungkapkan kendaraan ini dirancang khusus berbasis MV3 untuk menjadi kendaraan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Pindad mengklaim mobil berwarna putih ini menawarkan perlindungan dan kenyamanan tinggi dengan perlengkapan berkualitas dan fitur terkini.

Di bagian luar, Garuda dilengkapi dengan pijakan kaki untuk memudahkan keluar masuk kendaraan. Lambang Garuda merupakan lambang kekuatan dan kedinamisan gerak yang tampak dari tulang rusuk hingga tepinya yang terlihat meskipun roda mobil sedang bergerak.

Web tersebut terinspirasi dari batik parang yang mencerminkan kearifan lokal sekaligus bagian dari jati diri bangsa. Di bagian belakang, diterapkan knalpot ganda untuk meningkatkan performa mobil.

Ruangannya menggunakan material kayu, dilengkapi dengan Captain’s Chair, kursi penumpang dengan perlengkapan kelistrikan, pijakan kaki, dan panel sentuh limousine. Mobil ini juga dilengkapi dengan head unit berukuran 12 inci, kamera 360°, smart TV LED, penyimpanan berpendingin, dan Wi-Fi portabel.

Garuda memiliki berat 2,95 ton, panjang 5,05 meter, lebar 2,06 meter, dan tinggi 1,87 meter. Mobil ini memiliki roda panjang yang mampu memberikan kenyamanan dan interior lapang.

Sebagai mobil premium, fitur keselamatan disematkan pada setiap bagian mobil. Mulai dari material armor komposit yang tahan terhadap bola NATO 7,62 x 51mm dan amunisi M193 5,56 x 45mm, kaca level B5/B6.

Tak lupa dilengkapi dengan ban Run Flat Tire (RFT) berukuran 21 inci yang mampu tetap melaju meski di jalan rata.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours