Pemprov NTB Akui tak Miliki Dana Bayar Hosting Fee MotoGP

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, MATARAM — Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengaku tak mempunyai dana untuk membayar biaya penyelenggaraan MotoGP Mandalika senilai Rp 231 miliar. Pasalnya, tahun ini banyak agenda nasional yang banyak menganggarkan anggaran daerah, termasuk PON dan Pilkada.

Sekretaris Daerah NTB Lalu Gita Ariadi dalam keterangannya di Mataram, Jumat (6/9/2024) mengatakan pembayaran biaya tuan rumah harus dibiayai pemerintah pusat. “Saat ini tujuannya adalah menyelenggarakan pilkada yang rencananya membutuhkan anggaran yang besar sekaligus.

Gita mengatakan biaya penyelenggaraan harus ditanggung pemerintah pusat karena menjadi tuan rumah balapan MotoGP Mandalika bukan hanya milik Nusa Tenggara Barat, tapi juga event nasional yang berkaitan dengan nama baik Indonesia. Pemerintah NTB saat ini tengah mengkaji dampak balap motor terhadap pembangunan ekonomi daerah.

Jika mengacu pada statistik wisatawan yang menginap di hotel berbintang dan non bintang di Nusa Tenggara Barat pada balapan MotoGP Mandalika tahun lalu pada 13-15 Oktober 2023, terlihat jumlah wisatawan tidak mengalami peningkatan. secara luas. Badan Pusat Statistik NTB mencatat jumlah wisatawan yang menginap sebanyak 82.745 orang pada September 2023, meningkat tipis menjadi 88.350 orang pada Oktober 2023, dan kembali menurun menjadi 82.775 orang pada November 2023.

Gita melanjutkan, pihaknya masih belum mengetahui modus pembayaran biaya tuan rumah tersebut dan berharap pendanaannya dapat dipenuhi oleh pemerintah pusat. Harapannya, anggaran tersebut tidak dialokasikan dari daerah untuk menutupi biaya penyelenggaraan, apalagi ada event-event nasional yang dilaksanakan daerah, salah satunya pilkada. PON,” tutupnya. .

Perusahaan Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) bersama Maandalika Grand Prix Association (MGPA) masih menunggu kebijakan dukungan pemerintah pusat untuk membayar biaya penyelenggaraan MotoGP Mandalika sebesar Rp 231 miliar. Besaran standar ini terlalu tinggi jika hanya dibayar oleh pemerintah daerah.

Pada tahun 2023, pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyediakan Rp 78,8 miliar untuk biaya iklan di Wonder of Indonesia. Pada 27-29 September 2024, Indonesia akan menjadi tuan rumah balapan MotoGP untuk ketiga kalinya. Seri kejuaraan balap motor ini berlokasi di Sirkuit Mandalika Provinsi Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Mandalika MotoGP 2024 dirancang menjadi ajang inklusif tidak hanya bagi para pecinta otomotif, namun juga seluruh lapisan masyarakat.

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours