Vina Panduwinata Ungkap Kerinduan Tampil di Panggung Jaz Alam Terbuka

Estimated read time 3 min read

dlbrw.com, JAKARTA — Musisi kawakan Vina Pandovinata bakal meramaikan Jazz Gunung Bromo 2024. Sebelum tampil di Jazz Mount Agen, Veena mengaku sangat senang akhirnya bisa tampil di festival musik jazz ternama tersebut.

“Tentunya saya sangat senang bisa bernyanyi lagi di Jazz Gunung Bromo. Ini pengalaman kedua saya, sebelumnya saya bermain di Jazz Gunning Igen,” kata Vina, Selasa (25/6/2024) saat jumpa pers. tentang Jazz Gunung Bromo 2024 di IFI Jakarta.

Veena mengaku sangat rindu dengan penampilan jazz gong yang selalu berkesan karena dibawakan di luar ruangan. Menurutnya, melakukan momen seperti itu sangat menyenangkan dan memberikan perasaan berbeda.

“Kita nanti di pegunungan, suasananya akan berbeda. Tapi menarik banget. Jadi pasti kita nantikan,” kata Veena.

Veena mengaku sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk tampil di Jazz Gunung Bromo 2024. Salah satunya sedang menyiapkan lagu spesial dengan aransemen jazz khusus. Namun, dia menolak membicarakan lagu tersebut secara khusus.

“Biarlah ini hanya kejutan.” Yang jelas saya sudah menyiapkan sesuatu, lagu khusus gubahan jazz, kata Vina.

Sebagai informasi, Jazz Gunung Bromo 2024 akan digelar pada 19-20 Juli 2024 di Jowa Jowa Resort Bromo Amphitheater. Musisi yang akan tampil antara lain Veena Panduvinatha, Kelapa Muda Band, Elfa Singers, Gigi Jazz Project, Kartabaya, Cubbit, Country, Color of Fire Project feat Brasszigur brass band & Ndaru Ndarboy, dan lain-lain.

Mengembangkan minat generasi muda terhadap musik jazz

 

Sebagai bentuk kepedulian terhadap musik jazz di Indonesia, Jazz Gong Indonesia meluncurkan Bromo Jazz Camp pada tanggal 17 hingga 20 Juli 2024. Program ini diharapkan dapat menarik minat generasi muda Indonesia untuk mempelajari genre jazz.

Direktur Jazz Gong Indonesia Bagas Andiyatamuno mengatakan, acara tersebut akan diajar oleh Kevin Yusua, Sri Hanuraga dan Hansen Arif sebagai instruktur. Pesertanya berjumlah 10 orang yang dipilih dari legato jazz camp yang digelar di Solo beberapa waktu lalu. Peserta akan mengikuti kelas lanjutan di Bromo Jazz Camp, kemudian mempresentasikan karyanya langsung di panggung Mount Bromo Jazz 2024.

“Rencananya jazz camp ini sudah berjalan dua tahun. Namun pada tahun 2019 ini kami membuat program pencarian bintang untuk pencarian bintang di Baniwangi dengan tujuan yang sama yaitu pendidikan dan rehabilitasi musisi jazz.” dijalankan oleh Bintang Andrianto,” kata Bagas bersamaan.

Tak hanya itu, Jazz Gong Indonesia juga ingin membangun ekosistem global. Salah satu upayanya sejauh ini adalah kerjasama dengan Franchise Institute of Indonesia yang menghadirkan musisi jazz asal Perancis di Jazz Gunung Bromo.

Tahun ini, trio pendatang baru asal Perancis bernama New Clerk Trio terpilih untuk tampil di Jazz Mount Bromo 2024. Menurut Bagas, mereka akan segera mengikuti residensi di Bromo Jazz Camp.

Harapannya ke depan akan ada musisi Indonesia yang bernyanyi di Prancis, kata Bagas.

Event Jazz Gunung Bromo juga akan menampilkan program jaminan jam kerja di Rahat Bromo, kata Bagas. Selama acara berlangsung, pengunjung Jazz Gunung Bromo dapat ikut jamming bersama So Jazz (Solo) Society yang rencananya akan menjadi tuan rumah tahun ini.

Tak hanya SoJazz saja yang tampil, biasanya artis-artis jazz Gunung Bromo juga turut ambil bagian dalam jam session tersebut. Di sini, pengunjung dan seniman bisa saling berinteraksi.

“Tahun lalu sangat sibuk dan sukses, penonton dan artis sangat antusias dengan acara ini. Terutama artis dari luar negeri. Bagas mengatakan, “Mereka tampak bahagia dan suasananya hangat karena semua orang bisa menikmati musik atau cara ngobrolnya untuk berkomunikasi.”

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours