Menhub periksa kereta otonom tanpa rel

Estimated read time 2 min read

Balikpapan dlbrw.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau dan menguji coba kereta api otonom trackless di Stasiun Terminal Kaltim Kariangau (KKT) di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Kereta api otonom tanpa rel (autonomous train/ART) rencananya akan diuji coba di Ibukota Kepulauan (IKN), ibu kota baru Indonesia yang dibangun di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. “Kami berharap ART bisa sampai ke IKN sebelum 5 Agustus 2024,” kata Menteri Perhubungan saat meninjau lokasi kereta api di Terminal Kaltim Kariangau (KKT) Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Selasa. Menurut Menhub, uji kinerja KA swasta yang tidak beroperasi di Kota Nusantara dijadwalkan pada 5 Agustus 2024.

Menhub melakukan peninjauan dan peninjauan terhadap tiga gerbong kereta railless yang tiba di Pelabuhan Peti Kemas Kariangau Kota Balikpapan pada 27 Juli 2024. Kereta railless swasta ini memiliki tiga gerbong yaitu gerbong depan, tengah, dan belakang yang mampu menampung hingga a . 200 penumpang Muatan tiap gerbong adalah 75 penumpang. “ART di IKN merupakan rangkaian pengujian China Railway Construction Corporation Limited (CRCC), perusahaan konstruksi di Beijing, China, pada Agustus hingga Desember 2024,” imbuhnya. Kereta api swasta trackless ini memiliki rencana kontrak layanan mulai tahun 2025 melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). “ART tiba di kota KKT Balikpapan pada tanggal 27 Juli 2024,” kata Direktur Eksekutif PT KKT Endriany Muis. Barang yang sampai di Pelabuhan Peti Kemas Kariangau Kota Balikpapan dengan tiga gerbong dan dua barang tambahan selanjutnya dikirim ke Kota Nusantara. Pengiriman kereta api pribadi tanpa rel di ibu kota baru Indonesia ini ditugaskan oleh perusahaan logistik dan jasa pengiriman. PT KKT sangat mendukung dan siap mendukung segala kegiatan di Kota Nusantara, dan sejauh ini untuk mendukung ibu kota baru Indonesia tidak menemui kendala apapun, kata Endriany Muis. Baca Juga: Menhub Ingin Lanjutkan Kereta IKN Swasta dengan Beli Service Plan Baca Juga: Menhub: Kereta ART Mulai Aspal di Kumbu Kebangsaan Pada 5 Agustus Baca Juga: Menhub: Pembangunan Jalur Kereta Swasta di IKN Berakhir.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours