Real Madrid akan Ditantang Dortmund dan Liverpool di Liga Champions

Estimated read time 3 min read

dlbrw.com, JAKARTA — Juara bertahan Real Madrid akan bertandang ke markas Liverpool dan menjamu Borussia Dortmund di stadion Liga Champions yang baru dibentuk, setelah dibawa ke Grimaldi Forum di Munich pada Kamis atau Jumat (30/ 8/2024) dini hari WIB .

Banyak pemain terkenal seperti Cristiano Ronaldo, Zlatan Ibrahimovic dan Gianluigi Buffon ikut serta dalam pengundian ini.

Setiap tim akan memainkan delapan pertandingan melawan delapan lawan berbeda dalam format baru kompetisi klub elit Eropa. Ke-36 tim tersebut menempati satu grup besar dan tidak dibagi menjadi beberapa grup. Sangat menarik siapa yang mencetuskannya.

Ke-36 tim tersebut dibagi ke dalam empat pot yang masing-masing berisi sembilan tim berdasarkan koefisien klub UEFA. Pertama, pemegang gelar Liga Champions yakni Real Madrid otomatis ditempatkan sebagai unggulan di pot 1.

Ke-36 tim tersebut diundi secara manual dan kemudian program otomatis secara digital menarik delapan lawan berbeda secara acak. Akan diputuskan pertandingan mana yang akan dimainkan di kandang dan mana yang tandang.

Setiap tim akan menghadapi dua lawan dari masing-masing empat pot, satu di kandang dan satu tandang. Tim tidak dapat melawan lawan dari asosiasi yang sama dan hanya dapat bermain imbang melawan maksimal dua tim dari asosiasi yang sama. Sebanyak 16 asosiasi nasional akan diwakili di Liga Paskah.

Aston Villa, Bologna, Brest, Girona dan Slovan Bratislava akan membayar iuran mereka setelah mereka diperkenalkan ke babak penyisihan grup Liga Champions. Brest dan Girona juga akan memainkan peran mereka di sepakbola Eropa.

 

Delapan tim teratas lolos ke babak 16 besar. Tim dari peringkat 9 hingga 24 diberi peringkat berdasarkan permainan eliminasi langsung. Tim-tim yang berada di peringkat 25 hingga 36 akan tersingkir dari semua kompetisi, tanpa akses ke Liga Europa UEFA 2024/25.

Selain Dortmund dan Liverpool, Real Madrid juga akan bertandang ke tuan rumah AC Milan dan menyambangi markas Atalanta. Los Blancos musim lalu mengalahkan juara Eropa Atalanta dalam pertandingan Piala Super UEFA yang dimainkan di Warsawa pada awal Agustus.

Liverpool yang kembali berkompetisi di Liga Champions setelah absen setahun, juga akan menghadapi Milan dan melakoni debut melawan Girona.

Namun, salah satu pertandingan yang paling dinantikan para penggemar The Reds adalah melawan juara Jerman Bayer Leverkusen, yang saat ini dilatih oleh mantan gelandang Liverpool Xabi Alonso.

Manchester City asuhan Pep Guardiola akan menjamu juara Italia Inter dan juga bermain melawan PSG dan Juventus. Namun City juga akan menghadapi lawan yang lebih ringan seperti Club Brugge, Sparta Prague, dan Slovan Bratislava. Bratislava Slovan merupakan klub Slovakia yang belum pernah bermain di Liga Champions.

Laga lain yang menarik perhatian pecinta sepak bola adalah Bayern Munich vs PSG dan Barcelona, ​​​​​​dan Armamentario antara Milan dan PSG.

Putaran pertama akan dilaksanakan pada 17, 18, dan 19 September. Dua hari lagi musim baru akan berlangsung di bulan Januari. 

Tim dari posisi sembilan hingga dua puluh empat akan lolos ke babak playoff, di mana delapan tim sisanya akan melaju ke babak 16 besar.

Liga Europa dan Liga Konferensi juga akan menampilkan 36 klub, meski Liga Konferensi hanya akan memainkan enam pertandingan di pentas Liga.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours