Pembangunan tahap satu istana wapres di IKN ditargetkan rampung 2025

Estimated read time 2 min read

Penajam Pasar Utara dlbrw.com: Pembangunan Istana Wakil Presiden (Wapres) tahap pertama di Ibu Kota Negara Kepulauan Indonesia (IKN) yang baru di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Pasar Utara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dijadwalkan rampung. pada tahun 2025.

Pembangunan Rumah Wakil Presiden merupakan tonggak sejarah penting dalam perjalanan IKN menuju ibu kota baru Indonesia yang dikenal dengan Kota Nusantara, kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Senin, di Penajam.

Basuki Hadimuljono yang juga menjabat sebagai Ketua Pelaksana Otorita Ibu Kota Kepulauan (OIKN) mengatakan, dimulainya pembangunan Istana Wakil Presiden akan mendekatkan kita pada Kota Nusantara menjadi pusat pemerintahan yang efisien dan berkelanjutan sesuai dengan bangsa. kebesaran cita-cita

“Pembangunan Rumah Wakil Presiden dilakukan dalam dua tahap,” kata Diana Kusumastuthi, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR.

Ia mengatakan, pembangunan Rumah Wakil Presiden tahap pertama meliputi istana, perkantoran, tempat tinggal, dan fasilitas pendukung lainnya dan diharapkan selesai pada Agustus 2025.

“Pembangunan tahap pertama ini sangat penting karena menjadi landasan bagi pembangunan Gedung Wakil Presiden tahap selanjutnya,” ujarnya.

Setelah selesainya pembangunan Rumah Wakil Presiden tahap pertama, Kementerian PUPR menggelar lelang proyek Rumah Wakil Presiden tahap kedua.

Ia mengatakan, pembangunan Rumah Wakil Presiden ini menegaskan kembali komitmen pemerintah untuk menjadikan Kota Nusantara sebagai pusat pemerintahan, bukan pusat administrasi.

“Tetapi ini adalah contoh pembangunan perkotaan yang modern, cerdas, dan berkelanjutan,” ujarnya.

Bangunan Istana Wakil Presiden dengan konsep “Huma Betong Umai” (bahasa Dayak) ini kembali bermakna rumah besar, menurutnya untuk memberikan ruang bersama dan peran pengasuhan layaknya seorang ibu.

Menggabungkan konsep tropis, fungsional, dan regeneratif, Istana Wakil Presiden akan mampu menjadi bangunan ramah lingkungan dan hemat energi, kata Diana Kusumastuthi. Baca Juga: Presiden dan Wapres Santap Makanan di Kawasan National Hub IKN: Maruf Amin ‘Breaks Ground’ di Istana Wapres IKN

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours