Peran Penting Vitamin D untuk Kesehatan Reproduksi

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Dokter spesialis kandungan jebolan Universitas Hasanuddin Makassar, Dr. Ardianjah Dara mengatakan, vitamin D saat hamil tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tulang tetapi juga kesehatan reproduksi. Dalam acara wawancara dengan Kalbe Prov D3, Dara mengatakan, peran suami dalam kehamilan adalah mengonsumsi vitamin D untuk menghasilkan sperma.

“Vitamin D itu kan untuk laki-laki, yaitu pembentukan hormon testosteron, produksi sperma lebih baik, sehingga vitamin D saat promil tidak hanya untuk perempuan saja, tapi juga untuk suami,” kata Dara di Jakarta, Sabtu (7/9). /2024) kata dalam ). ).

Ia mengatakan, selama ini di Indonesia permasalahan anak selalu dikaitkan dengan ibu, padahal anak yang sehat diasuh oleh orang tua yang sehat.

Selain itu, vitamin D diperlukan untuk membantu mengatasi perubahan suasana hati pada ibu hamil atau bersalin sehingga tercipta suasana pikiran yang sehat saat melahirkan.

Tentu saja suami dan istri perlu bekerja sama, tidak hanya saat promil, tapi juga saat hamil, karena vitamin D itu berkaitan dengan imunitas dan perubahan suasana hati, sebaiknya jangan sampai kekurangan, ujarnya

Dara juga mengatakan, vitamin D tidak hanya penting untuk kesehatan tulang, tapi juga untuk kesehatan reproduksi pada pria dan wanita.

Vitamin D juga membantu mencegah proliferasi sel endometriosis pada wanita penderita endometriosis.

Oleh karena itu, proliferasi atau pertumbuhan sel endometriosis pada pasien kekurangan vitamin D3 akan sangat tinggi. Oleh karena itu vitamin D3 menjadi suplemen yang diberikan pada pasien endometriosis, ujarnya.

Bagi orang dewasa, baik pria maupun wanita, Dara menyarankan untuk mengonsumsi setidaknya 5.000 hingga 10.000 iu vitamin D setiap hari, serta makanan kaya vitamin D seperti telur dan ikan.

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours