Desa Energi Berdikari Pertamina raih penghargaan tingkat ASEAN

Estimated read time 2 min read

JAKARTA dlbrw.com – PT Pertamina (Persero) mendapat penghargaan di Enlit Asia 2024 dalam kategori “ASEAN Electricity Project of the Year” melalui proyek Independent Energy Village (DEB) milik Pertamina untuk mendukung pencapaian tujuan Net Zero Emission 2060.

Penghargaan ini juga menjadi bukti komitmen Pertamina dalam mendorong transisi energi dan pengembangan energi baru dan terbarukan di ASEAN.

“Kami mengucapkan terima kasih atas penghargaan ini. Pertamina akan terus mendukung upaya elektrifikasi dan transisi menuju energi yang lebih bersih dan ramah lingkungan,” kata Direktur Program dan Operasional Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) Norman Ginting dalam keterangannya. di Jakarta, Rabu.

Proyek ketenagalistrikan yang membawa Pertamina mendapatkan penghargaan ini dinilai memberikan dampak signifikan dalam meningkatkan akses energi berkelanjutan, khususnya bagi masyarakat di pedesaan.

Wakil Presiden Komunikasi Pertamina, Fadjar Djoko Santoso menambahkan, Desa Energi Mandiri merupakan proyek tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) Pertamina yang bertujuan untuk mendukung ketahanan energi berbasis energi baru dan terbarukan, serta meningkatkan perekonomian masyarakat pedesaan. .

Hingga saat ini, Pertamina sedang mengembangkan desa energi mandiri di 85 titik di seluruh Indonesia, mengoptimalkan energi baru terbarukan seperti energi surya, gas metana dan biogas, mikrohidro, biodiesel, dan energi hybrid dari energi surya serta berharap penggunaan yang bersih. Energi dapat mendorong pembangunan ekonomi dan mengurangi emisi di kawasan,” kata Fadjar.

Enlit Asia adalah salah satu forum energi terbesar di Asia yang mempertemukan para pemangku kepentingan industri energi, inovator dan pembuat kebijakan untuk membahas isu-isu terkini terkait transisi energi dan keberlanjutan di kawasan ASEAN.

Pertamina, perusahaan terkemuka di sektor transisi energi, berkomitmen mendukung tujuan Net Zero Emissions 2060 dengan terus menggalakkan proyek-proyek yang berdampak langsung pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan praktik lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasional Pertamina.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours