Kelebihan dan kekurangan Toyota Avanza Veloz, Yuk! Simak sebelum Membeli

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza Veloce Sebagai gambaran sebelum dibeli, saat itu Avanza Veloce terbagi dalam kategori yang sama dengan Xenia R, Mobilio RS, atau Ertiga Drezza.

Penasaran kenapa mobil bekas Toyota Avanza masih diminati konsumen? Hal utama yang membedakan Avanza baru dengan yang lama adalah model Toyota Avanza.

Seperti diketahui, Toyota Avanza lawas hadir dengan varian yang lebih sedikit dibandingkan generasi terakhir. Memiliki Toyota Avanza lawas, apalagi mobil generasi pertama dalam kondisi terawat, memang bisa membuat pemiliknya merasa bangga.

Berikut Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza Veloce 2022:

1. Desain lebih keren dan mewah

Pada versi terbarunya ini, Toyota Veloce hadir dengan tampilan lebih mewah. Gril lebar ala SUV pada bemper depan membuatnya tampil semakin gagah dan mengikuti tren masa kini. Interiornya juga tampil apik dengan perpaduan aksen hitam dan merah marun.

2. Gunakan penggerak roda depan (FWD) yang lebih irit

Sebelumnya Toyota Veloz menggunakan penggerak roda belakang (RWD) seperti MPV pada umumnya. Namun kali ini Toyota Veloce berganti menjadi penggerak roda depan (FWD). Sistem penggerak ini mempunyai kelemahan dan kekurangan karena bukan merupakan sistem penggerak roda belakang.

Keuntungan menggunakan penggerak roda belakang adalah kabinnya lebih luas, karena dihilangkannya overhang poros engkol mobil, sehingga kabin tampak lebih lega. Namun kekurangannya adalah mobil kesulitan melewati tanjakan sehingga perlu momentum yang tepat untuk dapat melewati tanjakan yang terjal.

Selain itu, sistem penggerak roda depan ini membuat akselerasi mobil semakin bertenaga dan irit bahan bakar. Pasalnya, tenaga disalurkan langsung ke roda depan sehingga lebih hemat.

3. Banyak fitur kenyamanan, cocok digunakan sebagai mobil keluarga

Toyota Veloce memiliki floating head unit berukuran 9 inci dan layar TFT MID digital berukuran 7 inci yang tampil mewah dan modern. Joknya sangat empuk, bahkan lebih empuk dibandingkan Toyota Avanza. Kursinya juga terlihat mewah dengan kombinasi bahan kain dan bulu. Terdapat juga fitur wireless charger yang memudahkan pengisian daya ponsel Anda.

4. Terdapat Toyota Safety Sense yang memberikan keamanan prima

Toyota Safety Sense memberikan keamanan kendaraan yang sangat baik. Fitur-fitur tersebut terdiri dari peringatan pra-tabrakan, keberangkatan ke depan, kontrol penyalahgunaan pedal, bantuan keberangkatan jalur, peringatan lalu lintas lintas belakang, dan pemantauan titik buta.

Semua fitur tersebut dapat membuat Anda lebih aman di jalan. Fitur ini juga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan. Jika kecelakaan tidak dapat dihindari, maka cedera yang dialami tidak akan separah menggunakan kendaraan tanpa Toyota Safety Sense.

5. Dilengkapi transmisi CVT yang halus

Toyota Veloz memiliki versi yang dilengkapi CVT (Continuously Variable Transmision) yang lebih halus dibandingkan AT (Automatic Transmision).

Jika masih merasakan getaran saat berpindah gigi dengan mobil AT, saat menggunakan mobil CVT tidak ada getaran dan peningkatan kecepatan terasa mulus.

Kekurangan Toyota Veloce

1. Railing atap hanyalah hiasan saja

Toyota Veloce memiliki roof rail seperti Toyota Rush atau SUV Terios. Namun roof rail pada mobil ini hanya berfungsi sebagai hiasan agar terlihat berpasir sehingga tidak bisa digunakan untuk memindahkan barang-barang di dalam mobil sebagaimana mestinya.

2. Tidak dilengkapi dengan cruise control adaptif

Fitur ini merupakan salah satu fitur yang terdapat pada TSS (Toyota Safety Sense). Namun fitur tersebut tidak disertakan pada Toyota Veloce. Fitur ini memungkinkan mobil melaju dengan kecepatan konstan tanpa harus menginjak pedal gas.

Jika kendaraan Anda mendekati kendaraan di depan Anda, sistem akan secara otomatis mengerem untuk mengurangi kecepatan dan menjaga jarak aman. Cara menggunakannya adalah dengan menekan tombol cruise control yang terletak di area kanan kemudi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours