Cara Perbaiki Postur Tubuh, Nomor 2 Mudah Tapi Jarang Dilakukan

Estimated read time 5 min read

dlbrw.com, JAKARTA — Postur tubuh yang buruk bisa berdampak buruk bagi Anda. Selain memengaruhi penampilan, hal ini juga dapat memengaruhi kesehatan Anda.

Sakit punggung, sakit kepala, dan kerusakan sendi adalah beberapa kemungkinan akibat dari postur tubuh yang buruk. Untungnya, tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki cara Anda duduk atau berdiri.

Apakah Anda siap untuk mengatasi masalah postur tubuh Anda? Baca terus untuk mengetahui 10 tips yang didukung para ahli tentang cara memperbaiki postur tubuh Anda, berapa pun usia Anda:

1. Tingkatkan peralatan kantor Anda

Mengingat rata-rata pekerja menghabiskan delapan jam sehari di pekerjaannya, peralatan kantor dapat berdampak besar pada postur dan tingkat nyeri Anda. Itu sebabnya Kevin Lees, DC, chiropractor dan direktur operasi chiropraktik untuk The Joint Corp., merekomendasikan pembelian meja berdiri dan kursi ergonomis. Meja berdiri memungkinkan Anda menjaga postur tubuh yang baik sepanjang hari dan meningkatkan sirkulasi,” kata Lees, dikutip dalam Best Life lama.

2. Jaga gadget sejajar dengan mata

Penggunaan teknologi sering kali mengubah tubuh kita ke posisi yang tidak normal, yang dapat melatih kita untuk menggunakan postur tubuh yang buruk sepanjang hari. Salah satu keluhan yang paling umum adalah “text neck”, atau nyeri leher yang disebabkan karena melihat ke bawah untuk membaca teks. Demikian pula, “mac back” mengacu pada nyeri punggung yang sering dirasakan orang setelah terlalu lama duduk di depan komputer.

Lees menyarankan untuk memegang ponsel atau komputer setinggi mata saat mengirim pesan dan browsing untuk melatih tubuh Anda ke postur yang lebih nyaman. Secara umum, lebih jarang menggunakan teknologi dapat memperbaiki kondisi tubuh Anda.

3. Beristirahatlah secara teratur

Apapun yang Anda lakukan, jangan bertahan dalam satu posisi terlalu lama. “Duduk dalam waktu lama, terutama dengan postur tubuh yang buruk, bisa berakibat fatal,” kata Calum Fraser, fisioterapis Australia dan pemilik Advantage Physiotherapy.

Sebaliknya, Fraser merekomendasikan untuk beristirahat secara teratur setiap 30 menit untuk bangun, melakukan peregangan, dan bergerak. “Ini membantu menyelaraskan kembali posisi Anda dan mencegah kekakuan otot,” jelasnya.

4. Terapkan kebiasaan tidur yang baik

Jam-jam ketika Anda tidak bangun dan tidak bekerja juga penting. “Cara Anda tidur dapat memengaruhi postur tubuh Anda,” kata Fraser.

Jika memungkinkan, ahli terapi fisik menganjurkan agar Anda menghindari tidur tengkurap sama sekali, karena hal ini dapat menyebabkan ketegangan dan ketidaksejajaran leher. Namun Anda mungkin masih perlu melakukan beberapa perubahan pada posisi tidur lainnya.

“Saat Anda tidur telentang, letakkan bantal di bawah lutut untuk menjaga kelengkungan normal tulang belakang Anda,” ujarnya.

Ia kemudian menambahkan, “Jika Anda beristirahat pada satu sisi, disarankan agar Anda meletakkan bantal di antara kedua lutut agar tulang belakang tetap lurus.”

5. Mengangkat beban

Menurut Josh Waite, pakar kebugaran dan direktur Gravity Physio, latihan angkat beban yang secara khusus menargetkan otot punggung atas dan bahu juga dapat memperbaiki postur tubuh. Secara khusus, dia merekomendasikan untuk mencoba latihan baris, facelift, dan YTW, yang diberi nama sesuai bentuk tangan Anda saat Anda melakukannya.

Waite berkata, “Memperkuat otot-otot ini membantu menarik kembali dan menstabilkan bahu, menciptakan fondasi yang kuat untuk memperbaiki postur tubuh. Punggung atas yang kuat tidak hanya meningkatkan keselarasan, tetapi juga membantu leher. Dan itu juga mengurangi stres pada otot punggung bagian bawah.”

6. Lakukan yoga atau pilates

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), olahraga teratur, idealnya minimal 150 menit per minggu, dapat memperbaiki postur tubuh pada usia berapa pun. Untuk hasil yang optimal, dokter menyarankan yoga atau Pilates, yang sekaligus dapat membangun kekuatan inti, meregangkan otot, dan memperbaiki postur tubuh melalui kesadaran tubuh yang lebih baik.

“Gerakan dan peregangan yang sering akan membuat otot Anda tetap terstimulasi dan memperbaiki postur tubuh Anda,” kata Lees.

Ia kemudian menambahkan, “Latihan yang dirancang untuk memperkuat otot inti yang menopang tulang belakang akan menciptakan latihan korektif.”

7. Latih punggung Anda dengan asana

Kawat gigi punggung bukanlah solusi permanen, dan beberapa ahli memperingatkan bahwa sering menggunakannya dapat melemahkan otot yang Anda butuhkan untuk postur tubuh yang lebih baik. Namun, Waite mengatakan bahwa penggunaan dukungan secara selektif dapat memberikan informasi tentang bagaimana perasaan tubuh ketika berada pada posisi yang benar, dan itu adalah informasi berharga saat Anda mempraktikkan kebiasaan postur baru.

8. Regangkan fleksor pinggul yang kencang

Saat kita berpikir untuk memperbaiki postur tubuh, kita cenderung fokus pada punggung, leher, dan bahu, namun dokter hewan mengatakan beberapa masalah postur dimulai dari fleksor pinggul. “Fleksor pinggul yang ketat dapat menyebabkan bagian depan panggul miring sehingga menyebabkan panggul miring ke depan dan punggung bawah melengkung berlebihan,” ujarnya.

“Dengan peregangan fleksor pinggul yang teratur, Anda dapat mengatasi ketidakseimbangan umum, memungkinkan panggul kembali ke posisi yang lebih netral, yang pada gilirannya menyelaraskan tulang belakang dengan benar, mengurangi tekanan pada punggung bawah dan “Mendorong postur memanjang yang lebih bermanfaat bagi tubuh. nyaman.” jelasnya.

9. Kenakan sepatu yang mendukung

Kaki Anda juga dapat memengaruhi postur tubuh Anda, terutama jika Anda memakai sepatu tanpa penyangga, kata Taher Saifullah, MD, spesialis manajemen tulang belakang dan nyeri serta pendiri Los Angeles Spine and Pain Institute.

Sepatu yang tepat dapat menopang kaki, pergelangan kaki, dan tulang belakang, membantu menjaga postur tubuh yang baik. Pilih sepatu dengan penyangga lengkungan yang baik dan hindari sepatu hak tinggi atau sepatu datar tanpa penyangga,” ujarnya.

10. Temui ahli kiropraktik

Mengunjungi chiropractor untuk evaluasi dapat membantu Anda lebih memahami bagaimana postur tubuh Anda saat ini memengaruhi kesehatan Anda dan seperti apa postur tubuh yang lebih baik bagi Anda. Penyesuaian teratur juga dapat meredakan nyeri punggung dan leher.

“Penyesuaian chiropraktik dapat menyelaraskan kembali tulang belakang Anda, melepaskan ketegangan, dan memperbaiki postur tubuh,” kata Corinne Kennedy, DC, seorang chiropractor yang berbasis di Wisconsin dan pendiri Kennedy Chiropractic Center.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours