Perdana, Atlet Ibu Kota Nusantara Ikuti PON XXI

Estimated read time 3 min read

Untuk pertama kalinya, atlet ibu kota negara Indonesia (IKN) akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang digelar di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara pada 9-20 September 2024.

Kontingen ibu kota nusantara itu datang menyemangati PON XXI. Hal itu terlihat dari peresmian PON yang digelar di dua lokasi, yakni Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh dan Stadion Baharuddin Siregar, Medan, pada Senin malam (9/9/2024). Cabang olah raga yang terlibat antara lain Akuatik-Renang, Akuatik-OWS, Akuatik-Artistik, Senam Artistik, Panahan dan Berlayar.

Sebagai wakil ibu kota baru Indonesia, mereka membawa semangat dan harapan besar untuk tampil di kancah olahraga nasional.

Momen ini sangat spesial bagi para atlet IKN, sebuah kawasan pengembangan baru yang penuh potensi. Salah satu atlet, Bambang, perenang muda berbakat, mengungkapkan rasa bangganya bisa mengikuti PON.

“Saya sangat bangga bisa mewakili nusantara untuk pertama kalinya, karena ini merupakan angkatan pertama PON. Kedepannya semoga nusantara bisa lebih berkembang di bidang olahraga untuk bisa bersaing dan menjuarai PON di tahun-tahun mendatang. “katanya.

Bagi banyak atlet, perjalanan ini bukan hanya tentang berkompetisi, namun juga tentang mewujudkan impian dan harapan. Tantangan yang mereka hadapi tidaklah mudah, mulai dari terbatasnya fasilitas latihan hingga beradaptasi dengan tekanan berkompetisi di ajang besar untuk pertama kalinya. Namun, semua itu justru menyulut semangat mereka untuk berusaha sebaik mungkin.

Keikutsertaan IKN pada PON XXI juga mendapat dukungan penuh dari pemerintah IKN. Alimuddin, Deputi Bidang Pemberdayaan Sosial Budaya dan Masyarakat Otoritas IKN mengungkapkan rasa bangganya terhadap para atlet yang akan bertanding.

“Partisipasi kami ini merupakan suatu kehormatan. Meski skor atlet kami tidak masuk dalam hasil, namun bukan itu yang kami cari. Kami ingin mensosialisasikan pembuatan ibu kota nusantara kepada perwakilan provinsi di seluruh Indonesia.” kata Alimuddin.

Meski baru pertama kali mengikuti ajang PON, para atlet Indonesia tetap optimis. Mereka harus menghadapi persiapan yang lebih berat dibandingkan provinsi lain yang sudah memiliki tradisi olahraga yang kuat. Namun tekad yang kuat dan rasa bangga sebagai bagian dari nusantara menjadi motivasi utama untuk terus berjuang.

Keikutsertaan atlet Indonesia di PON XXI tidak hanya menjadi ajang tampil, namun juga menjadi momen bersejarah bagi nusantara di pentas nasional. Hal ini merupakan cerminan dari besarnya semangat dan potensi yang dimiliki nusantara sebagai ibu kota baru yang akan menjadi pusat inovasi dan kemajuan di Indonesia.

Hal ini tentu menjadi bukti bahwa IKN tidak hanya membangun infrastruktur, tetapi juga sumber daya manusia di berbagai bidang, termasuk olahraga.

Harapannya, keikutsertaan kontingen Ibu Kota Indonesia pada PON XXI dapat menjadi momen untuk mengembangkan IKN sebagai pusat baru atlet nasional, serta mempertebal kebanggaan dan persatuan bangsa melalui semangat sportivitas dan semangat juang para atlet. Perjuangan mereka di PON XXI merupakan bagian dari perjalanan besar menuju masa depan yang lebih baik, tidak hanya di bidang olahraga, tetapi juga untuk pembangunan nusantara.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours