Jokowi Sempatkan Bersantap Siang dalam Kunjungan Kenegaraan di Dolok Sanggul

Estimated read time 3 min read

DOLOK SANGGUL – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungannya ke Humbang Hasundutan singgah untuk makan siang di Desa Dolok Sanggul. Bernama Ayola Dolok Sanggul Coffee Hotel (CHADS), usaha tersebut dimiliki oleh Dumasi MM Samosir dan ibunya, Hideko Tianggur Marinthan Simatupang Togatorop.

Hadir pula Pengurus Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor yang menjamu delegasi Presiden Jokowi untuk makan siang sebelum melanjutkan acara resmi di kawasan tersebut. Suasana semakin menghangat karena seluruh pekerja disambut dengan kedatangan Presiden dengan mengenakan kaos bertuliskan “We Love You Pak Jokowi” sebagai tanda kegembiraan dan rasa hormat keluarga besar CHADS atas kehadiran Jokowi.

Kunjungan Presiden Jokowi ke Humbang Hasundutan dalam rangka pembukaan Pusat Penelitian Ilmu Pertanian di Taman Sains Teknologi dan Hortikultura (TSTH2), Kecamatan Pollung. Turut hadir dalam pembukaan tersebut Menteri Koordinator Kelautan dan Perikanan Luhut Binsar Pandjaitan yang menandatangani sehari sebelum penandatanganan CHADS pada 15 Oktober 2024.

Situs ini telah dikerjakan sejak pertengahan tahun 2022, namun kali ini resmi dibuka. Rombongan Presiden juga dikunjungi sejumlah pejabat antara lain Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dan Kepala Badan Siber dan Komunikasi Nasional. Agen Kripto. (BSSN) Letjen. Jenderal. TNI (Purn) Hinsa Siburian.

Salah satu tujuan utama dibentuknya CHADS adalah untuk mendukung rencana pemerintah mengembangkan kawasan Danau Toba sebagai salah satu dari lima kawasan prioritas. “Kami berharap CHADS dapat berkontribusi dalam pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Humbang Hasundutan yang memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat setempat dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat,” ujar Michael Junjungan Jubilee Akasi Wongso, CEO CHADS dalam sebuah pernyataan. penyataan. berita, Sabtu (19/10/2024).

Lokasinya yang strategis, hanya 35 menit dari Bandara Sisingamangaraja XII di Silangit menjadikannya basis yang tepat untuk perjalanan ke berbagai destinasi di Danau Toba. Mengusung slogan “Where Everyone Always Feels Like Coming Home”, CHADS menganut visi sebuah resor yang menawarkan 94 kamar dengan empat gaya berbeda, dan restoran Sopotta yang menyajikan masakan Indonesia dan Batak.

Dumasi MM Samosir juga menghadiahkan kepada Presiden Jokowi lambang CHADS yaitu Tataring ni Uma—api unggun terkenal dengan cerobong besar di pintu masuk Partogi yang menunjukkan hangatnya Dolok Sanggul yang terkenal dengan cuacanya yang dingin.

Selain itu, CHADS memiliki Junjungan Ballroom berkapasitas 350 kursi, serta ruang baru untuk berbagai acara. Terdapat dua ruang pertemuan lainnya yang mampu menampung 20-30 orang, serta Lisoi Sky Bar yang menawarkan pengalaman hiburan sambil menikmati kopi Humbang Hasundutan dan panorama yang indah. Terdapat juga kolam renang Tambok Parlangean, serta taman bunga dan buah yang mendukung tema dapur hotel “Farm to Table”.

CHADS juga bangga memiliki tiga rumah adat Batak yang berusia lebih dari 130 tahun, yaitu Sopo Bolon Si Sapang Na Ualu, Sopo Parrapotan, dan Ruma Batak yang menjadi simbol pelestarian budaya dan fasilitas acara budaya.

Bagi Dumasi MM Samosir, kunjungan Presiden Jokowi di CHADS merupakan momen yang spesial dan emosional. Kehadiran CHADS terinspirasi dari program penting pembangunan yang dicanangkan oleh Bapak Presiden. Kami mendirikan CHADS sebagai salah satu bentuk kontribusi mendukung program ini,” kata Dumasi.

Dumasi juga mengenang, ayahnya Pak Sahat Maulim Samosir (bergelar SIGILA) mempunyai harapan besar bisa bertemu dengan Presiden Jokowi namun hal itu terjadi. “Saat Pilpres 10 tahun lalu, ayah kami berjuang keras untuk meningkatkan dukungan terhadap Pak Jokowi di Humbang Hasundutan. Dan hari ini, ibu kami akhirnya bisa bertemu dan berbincang langsung dengan beliau. Kami sangat senang dan akan selalu mengingatnya. sekarang,” kata Dumasi.

Kunjungan Jokowi di CHADS, beberapa hari menjelang berakhirnya masa jabatannya, membawa kegembiraan dan kebanggaan bagi keluarga Samosir dan seluruh masyarakat Humbang Hasundutan. “Kami berdoa semoga Presiden tetap hidup dan menginspirasi banyak orang, meski masa jabatannya telah berakhir,” pungkas Dumasi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours