Profil Candra Wijaya, Promotor Gelar Doktor Bahlil Lahadalia di UI

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Profil Prof. dr. Chandra Wijaya, M.Si., MM ulasannya menarik untuk dibaca. Ia merupakan promotor PhD Bahlil Lahadalia di Universitas Indonesia (UI).

Diketahui, Bahlil Lahadalia sebelumnya berhasil memperoleh gelar magister dengan predikat cum laude dari SKSG UI, pada Rabu (16/10/2024). Ia mempertahankan tesisnya yang berjudul “Politik, Kelembagaan dan Tata Kelola dalam Hilirisasi Nikel di Indonesia”.

Baca juga: Profil Prof. dr. Arif Satria, Direktur IPB, Pengawas Ujian Doktor Bahlil Lahadalia UI

PhD Bahlil dikembangkan oleh Prof. dr. I Ketut Surajaya bersama Prof. dr. Chandra Wijaya sebagai promotor, dan Dr. Teguh Dartanto, dan Athor Subroto, sebagai kolaborator. Sementara itu, tim penguji terdiri dari para ahli seperti Dr. Margaretha Hanita, Prof. dr. A. Hanief Saha Ghafur, Prof. Didik Junaidi Rachbini, Prof. dr. Arif Satria, Prof. dr. Kosuke Mizuno.

Profil Candra Wijaya

Prof. dr. Chandra Wijaya, M.Sc., MM merupakan mahasiswa Universitas Indonesia (UI). Berdasarkan laman resmi UI, Chandra Wijaya merupakan guru besar di institut tersebut.

Baca juga: Bahlil Lahadalia, Menteri ESDM terima gelar doktor UI dengan penghargaan Cum Laude

Chandra tercatat mengajar banyak mata pelajaran. Ini mencakup manajemen keuangan, manajemen investasi dan portofolio, evaluasi proyek, kewirausahaan dan inovasi, dan kebijakan bisnis.

Dari latar belakang pendidikannya, Chandra lulus dengan gelar Bachelor of Commerce pada tahun 1992. Kemudian melanjutkan studi dan memperoleh dua gelar Master. Gelar Sarjana Manajemen dan Politik dari Universitas Indonesia pada tahun 1998, dan Manajemen Bisnis & Perbankan dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 2000.

Sementara itu, beliau memperoleh gelar master dari Jurusan Ekonomi Universitas Indonesia pada tahun 2004. Chandra menerima gelar ini dalam bidang ilmu manajemen.

Selain kualifikasi akademik, Chandra juga memegang beberapa kualifikasi akademik dan pelatihan. Ini termasuk Certified Investment Market & Banking Analyst (CIMBA), Certified Public Accountant (CSA), Certified Professional Certification (CPHR), Representative Investment Manager (WMI) dan Representative Broker Representative (WPPE).

Baca juga: PhD Bahlil Lahadalia Kurang dari 2 Tahun, Ini Penjelasan UI

Selama menjabat di UI, Chandra beberapa kali menduduki jabatan lain. Diantaranya adalah Direktur Program Studi Perbankan Program Diploma III FISIP UI (1997-2001), Direktur Program Diploma III FISIP UI Bidang Keuangan dan Perbankan (2001-2003), Wakil Direktur FISIP UI Bidang Kerjasama Pengembangan Usaha (2003- 2004), Asisten Direktur Program Pascasarjana UI (2004-2008), Direktur Program Pascasarjana UI (2008-2013), Presiden PT Daya Makara UI (2009-2014) hingga Direktur Lembaga Penelitian Pengembangan UI Pusat (2008-2014).

Di luar UI, Chandra diketahui memegang banyak posisi. Misalnya saja sebagai pendamping pemberdayaan pemuda di Kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia pada tahun 2016.

Kemudian pada 8 Februari 2023 diangkat menjadi Komisaris Independen PT Jasa Marga (Persero). Keputusan ini berdasarkan rapat umum pemegang saham tahunan tahun buku 2023.

Demikian rangkuman dari Prof. dr. Chandra Wijaya, M.Sc., M.M., tesis doktor Bahlil Lahadalia di Universitas Indonesia (UI).

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours