Kepulauan Seribu tingkatkan minat baca anak melalui Hanjaba

Estimated read time 2 min read

JAKARTA dlbrw.com – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu berupaya meningkatkan minat membaca anak melalui lomba Hari Membaca Anak (Hangaba) bagi 100 anak SD dan SMP yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten.

Kegiatan terkait hijab diikuti oleh 100 siswa, yang terdiri dari 20 orang mengikuti lomba public speaking, 20 orang mengikuti lomba menggambar dan mewarnai, 20 orang mengikuti pidato, 20 orang mengikuti lomba membaca puisi, dan 20 orang mengikuti cerita komik.

Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip UKT 1 (Bosip) Kepulauan Seribu, Windrowati di Jakarta, Senin, kegiatan ini bertujuan untuk merangsang minat membaca dan meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum.

Selain itu, mengembangkan kreativitas dan ekspresi seni pada anak-anak dan remaja. “Alhamdulillah antusias dan animo siswa sangat besar,” ujarnya.

Ia berharap melalui kegiatan yang mengusung tema “Dari Membaca Hingga Berkreasi di Jakarta” ini dapat menjadi cara yang efektif untuk memperkuat rasa percaya diri, kemampuan berpikir kritis, dan imajinasi para peserta.

“Para peserta ini diharapkan mampu mengkomunikasikan pemikiran dan idenya secara efektif dan percaya diri,” ujarnya.

Selain itu, peserta diharapkan tidak hanya berkompetisi, namun juga belajar dan menikmati prosesnya sehingga memberikan pengalaman berharga dan dapat memotivasi mereka untuk pengembangan lebih lanjut di masa depan.

Ketua UKT 1 Kabupaten Kepulauan Seribu Agni Kurnia Adiyanto mengatakan, kegiatan tersebut tidak hanya sekedar kompetisi, namun juga merupakan perayaan atas berbagai bentuk ekspresi diri dan kemampuan yang dimiliki peserta Hangaba.

Ia menilai setiap peserta yang hadir di sini adalah pemenang sesungguhnya karena berani menunjukkan bakat dan keahliannya di hadapan banyak orang. “Saya mengapresiasi semua pihak yang bekerja keras,” ujarnya.

Kami berharap melalui kompetisi ini pihak dapat terus mendukung dan mengembangkan potensi generasi muda karena merekalah harapan bangsa. “Kreativitas mereka menjadi kekuatan yang mampu membawa perubahan positif di masa depan,” ujarnya.

Upacara Hangaba yang digelar Unit Tugas Teknis (UKT) 1 kawasan Kepulauan Seribu di Pulau Pramuka ini digelar pada Senin di empat lokasi, yakni Style Room, Regency Plaza, Perpustakaan, dan GOR Square di Pulau Pramuka.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours