KPK Geledah Kantor Pengadaan Barang dan Jasa Pemkot Semarang

Estimated read time 2 min read

Semarang – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan serangkaian pemeriksaan dan penggeledahan di Kompleks Balai Kota Semarang sejak Rabu (17 Juli 2024).

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut kasus tersebut melibatkan dugaan tindak pidana korupsi terkait pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Kota Semarang tahun 2023-2024 dan pemerasan terhadap pejabat pemerintah atas insentif pemungutan pajak dan retribusi daerah di Kota Semaang. .

Pantauan SINDOnews dari Balai Kota Semarang, pegawai KPK juga masuk ke kantor Departemen Pengadaan Barang dan Jasa. Kantornya terletak di lantai 6 Gedung Moh. Ixon. Sekitar pukul 15.39 WIB, beberapa petugas KPC berseragam terlihat keluar ruangan.

Beberapa ASN Pemkot Semarang yang berseragam korporat juga terlihat mendampinginya. Mereka kemudian naik lift menuju gedung depan tempat kantor Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu (ITA).

Beberapa jam menjelang sore, penyidik ​​masuk ruangan untuk melakukan penyelidikan.

Informasi yang dihimpun, KPK juga menggeledah lokasi lain di luar Balai Kota Semarang, yakni rumah dinas atau kediaman Wali Kota Semarang di kawasan Bukit Sari Kota Semarang. Selain itu, ada tempat yang tidak bisa menghindari penggeledahan.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam keterangan persnya juga menyatakan telah meminta pencekalan terhadap dua pejabat Pemkot Semarang dan dua pejabat swasta terkait dugaan korupsi tersebut.

Direktur Imigrasi Kelas Satu TPI Semarang (Kanim) Guntur Sahat Hamonangan mengatakan larangan tersebut segera dilimpahkan ke Departemen Imigrasi (Ditjen Imigrasi) di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di Jakarta.

“Kalau mereka memblokir, langsung ke kantor imigrasi,” kata Guntur melalui WhatsApp.

Sementara itu, puluhan jurnalis masih terlihat menunggu di depan Kantor Wali Kota Semarang siang tadi. Beberapa K.P.K. Petugas masih tetap berada di dalam.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours