Bank Jatim Dukung Pemprov Jatim Salurkan Bantuan ke Ribuan Buruh Pabrik Rokok

Estimated read time 2 min read

SURABAYA – Pemerintah Daerah Provinsi (Patprov) Jawa Timur (Patra) PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau Bank Jatim kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT).

BLT kali ini diterima pekerja pabrik PT HM Sampoerna Rungkut 2 dari Dana Penyaluran Pendapatan Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Dukungan ini secara simbolis diberikan oleh V.A. Gubernur Jatim Adi Korona bersama Dirut Bank Jatim, Direktur Busrul Iman.

Adi menjelaskan, sebanyak 13.469 pekerja dan buruh pabrik tembakau di Jatim telah menerima BLT dari DBHCT. Namun kali ini BLT yang disalurkan ke Samperna diperuntukkan bagi 1.000 pekerja. Setiap karyawan mendapatkan BLT DBHCT sebesar Rp1.031.145 dalam bentuk Bank Tabungan Jatim Cycle. Diakui Adi, jumlah pekerja di pabrik tembakau meningkat pesat pada tahun ini.

“Tahun lalu ada 9 ribu, tahun ini mencapai 13 ribu. “Sehingga terjadi peningkatan penyerapan tenaga kerja di pabrik tembakau,” jelasnya, Jumat (6/5/2024).

Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 6 Tahun 2024 dan Keputusan Gubernur Jawa Timur Tahun 2023, provinsi daerah menerima 3 persen pendapatan negara yakni Rp 2,77 triliun.

“Dari 3 persen ini pendapatannya kita bagi rata. Tapi tanggung jawab Pemda Jatim diserahkan ke daerah, kalau masyarakat Surabaya misalnya DBHCHT diberikan ke daerah. Jadi semua dapat,” kata Adi. .

Ia berharap BLT DBHCT dapat meringankan beban pekerja di Jatim dan memenuhi kebutuhan pokoknya.

“Bukan hanya hak atas produk tembakau, tapi juga perlindungan sosial. Saya berharap dengan amandemen ini, kebutuhan dasar perokok dan pekerja dapat terpenuhi secara memadai,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman mengatakan, dalam kegiatan ini Bank Jatim berperan sebagai bank bantuan. “Ini juga merupakan wujud nyata kepedulian kami terhadap lingkungan. “Kami tidak hanya fokus pada bisnis,” ujarnya.

Bank Jatim menyatakan akan terus menciptakan nilai-nilai dan kebaikan bagi seluruh lapisan masyarakat. “Kami bertekad untuk terus melanjutkan keterlibatan dan kerja sama dengan Pemprov Jatim untuk meningkatkan masyarakat dan perekonomian Jatim,” jelasnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours