Ini Alasan Beasiswa AUSCI Tamba dan Samba Menyasar Orang Berpengalaman Kerja 5-6 Tahun

Estimated read time 3 min read

dlbrw.com, JAKARTA — Yayasan Mochamad Tohir dan Yayasan William and Lily menawarkan beasiswa kepada masyarakat yang sudah memiliki pengalaman kerja. Nama beasiswa tersebut adalah Tamba (Thohir Marshall MBA) dan Samba (Soeryadjaya Marshall MBA).

Kandidat yang berhasil akan belajar di salah satu sekolah bisnis terbaik di Amerika Serikat, yaitu Marshall School of Business di University of Southern California (USC) di Los Angeles, Louisiana. Para siswa ini menyelesaikan program Master satu tahun MBA (S2) Pendidikan dan Penelitian Bisnis Internasional (IBEAR).

Beasiswa TAMBA dan SAMBA merupakan kerjasama antara Yayasan Mochamad Tohir dan Yayasan Alumni William dan Lily USC Indonesia (AUUSCI). Pertanyaannya mengapa fokus hanya pada orang yang sudah mempunyai pengalaman kerja 5-6 tahun?

“Karena rekan-rekan program pelatihan IBEAR datang dengan pengalaman kerja. Kami ingin para ulama mampu belajar bersaing dengan rekan-rekan dari seluruh dunia,” kata Gabriella Tohir, yang saat ini mengelola Yayasan Mochamad Tohir, berdiskusi dengan berbagai media di Lantai 17 Menara Karya, Jakarta Selatan, Rabu. ( 25/09/2024).

Oleh karena itu, program beasiswa ini lebih cocok bagi masyarakat yang sudah bekerja. Kandidat juga memiliki kesempatan untuk mengambil langkah baru dalam karir mereka. Kemudian jalin hubungan yang lebih global.

Berbekal pengalaman kerja menjadi modal bagi orang-orang terpilih untuk menghabiskan satu tahun belajar IBEAR di USC. “Membantu mereka ketika berbicara dengan teman atau gurunya. Jadi kami pikir pelamar muda (yang belum pernah bekerja) tidak bisa, tapi nantinya (orang yang sudah bekerja) bisa lebih banyak berkomunikasi dengan teman-temannya di program tersebut. sebenarnya,” kata Gabby.

Wakil Sekretaris Jenderal AUSCI Roland Wiryavan menambahkan. Ia menjelaskan, ada dua program MBA di Amerika. Kalau reguler dua tahun, syaratnya hanya dua tahun pengalaman kerja.

Sementara itu, rekan-rekan Tamba dan Samba berpartisipasi dalam program MBA IBEAR selama satu tahun. Pengalaman kerja lima hingga enam tahun diperlukan untuk menjadi bagian dari program intensif ini. Itu ada di tingkat manajemen.

“Jadi walaupun pendatang baru, kemungkinan besar tidak akan lolos karena akan berbeda,” kata Roland.

Ketua Umum Yayasan Mochamad Thohir Giovanna Thohir menjelaskan, siapapun yang memenuhi persyaratan pengalaman kerja bisa melamar. Anda tidak harus menjadi seorang pengusaha. Dikatakannya, pada periode pertama mereka yang melarikan diri dari sektor perbankan dan pajak.

Setelah lulus, Anda harus kembali ke Indonesia dan bekerja minimal lima tahun. Beasiswa tidak membatasi apa yang akan dilakukan oleh orang-orang terpilih. “Apakah mereka ingin kembali ke pekerjaan sebelumnya, berwirausaha atau pindah ke perusahaan lain, kami sangat terbuka,” kata Giovanna.

Selain pengalaman kerja 5-6 tahun, berikut persyaratan dasar untuk Beasiswa AUSCI Tamba dan Samba: 

1. Warga Negara Indonesia

2. Usia maksimal 40 tahun

3. Saya berniat bekerja di Indonesia selama 5 tahun setelah lulus

4. Tenaga profesional atau wirausaha yang telah bekerja selama 6 tahun

5. Skor TOEFL minimal 95 plus atau IELTS minimal 7

6. Skor GMAT minimal 540

Pelamar harus melengkapi formulir aplikasi online dan mengunggah skor TOEFL/IELTS, GMAT, serta pernyataan pribadi dan surat rekomendasi di situs web kami (http://ausci.org/scholarship). Periode penyerahan mulai 1 Juli 2024 hingga 30 September 2024.

Setelah penyaringan administratif, kandidat akan mengirimkan presentasi video pendek berdurasi tiga menit dan esai tentang topik tersebut melalui email. Video dan esai ini harus sudah diserahkan paling lambat tanggal 21 Oktober 2024 pukul 17.00 WIB. 

Kandidat terpilih harus mengikuti wawancara offline dengan Panitia Penerimaan pada 2 November 2024. Seleksi dilanjutkan dengan wawancara terakhir dengan Panitia Penerimaan Universitas Southern California (USC) pada 15 November 2024 dan pengumuman akhir pada 15 Desember 2024.  

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours