STY Minta Kevin Diks Segera Jadi WNI, Pengamat: Jangan Sia-siakan Pemain

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Pelatih kepala timnas sepak bola Indonesia Shin Tae-yong berharap Kevin Dix Pakrabisi bisa bermain pada November mendatang. Garuda akan menjamu Jepang (15/11/2024) dan Arab Saudi (19/11/2024) di Sogbek Senayan Jakarta.

Sebelumnya, PSSI juga mempercepat proses penciptaan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Mereka bahkan mengambil sumpah di Brussel, Belgia untuk tampil di hadapan Bahrain dan China.

Melawan Bahrain (10/10/2024) yang bermain imbang 2-2. Mess Hilgers bermain penuh, sedangkan Eliano yang masuk daftar pemain baru masuk pada menit ke-46 menggantikan Sandy Walsh.

Lima hari kemudian, saat mereka mengunjungi Qingdao Youth Football Stadium dan China, Sty Mays menjadi starter dari awal, namun digantikan di awal babak kedua. Saat ini Eliano belum bermain dan tidak masuk dalam roster. Alhasil, Timnas Indonesia kalah 1-2, yang merupakan kali pertama Indonesia kalah di grup ketiga Piala Dunia 2026 Asia.

Pengamat sepak bola Keset Budi Handoyo saat dihubungi, Jumat (18/10/2024), mengomentari keputusan tersebut. “Ini juga menjadi tanda tanya. STY mengatakan Eliano tidak masuk dalam daftar pemain cadangan karena cedera, namun karena kebutuhan strategis, akan konyol jika jawabannya seperti ini. Jangan menyesatkan para pemain.” “ucap Kesset.

Soal Kevin Dix yang diperkirakan bisa bermain pada November mendatang, Kesset memperkirakan dirinya masih menunggu kepastian menjadi WNI. Sebab menurut Jenderal PSSI Eric Tohir, pemain yang dimaksud siap membela timnas Indonesia.

“Kuncinya di STY yaitu bagaimana meningkatkan kehadiran pemain-pemain baru ini dengan tantangan masa penyesuaian karena kemampuannya seperti Mees atau Eliano itu bagus, karena Kevin Diks harusnya cepat menciptakan pemain,” ujarnya. Tampaknya para pemain tim nasional menjaga struktur pemain yang tersedia saat ini.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours