Sekolah Indonesia di Tokyo Luluskan 45 Lulusan Berprestasi

Estimated read time 3 min read

dlbrw.com, Tokyo – Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) meluluskan 45 siswa dari TK hingga SMA di Auditorium Tokyo Indonesia, Jumat 21 Juni 2024. Upacara wisuda tersebut dihadiri Kehadiran Duta Besar RI. Republik Indonesia ke Jepang, Hiri Ahmadi dan istrinya Noning Ahmadi, dalam rangka HUT ke-62 berdirinya SRIT.

Dalam sambutannya, Dubes Heri Ahmadi menghimbau para wisudawan dan rekan-rekannya untuk berdiri menghadap kursi orang tua untuk menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan penuh kasih dan dedikasi yang diberikan kepada orang tua. Beliau juga mengapresiasi kerja keras para siswa dan peran penting para guru di SRIT sehingga siswa dapat menyelesaikan studinya dengan baik.

Dubes juga berpesan kepada para wisudawan untuk selalu belajar dan mencari ilmu agar dapat merasakan sendiri manfaatnya. Kemudian diharapkan manfaat yang menyenangkan juga dapat diberikan kepada orang lain agar sebanyak-banyaknya orang dapat merasakan kenyamanan.

Heri Ahmadi berbicara pada acara wisuda tersebut: “Mari kita terus mengingat dan mengamalkan pesan yang disampaikan dalam tema wisuda hari ini: “Semangat menebar manfaat; Menjadi pembelajar seumur hidup Dengan cara ini Anda dapat menghadapi tantangan di tingkat pendidikan berikutnya.” Acara ulang tahun SRIT ke-62 ini juga dihadiri Konjen RI Osaka, John Tjahjanto Pustami bersama istri sekaligus Koordinator Kebudayaan dan Sosial KBRI Tokyo, Minarti Fuzi, dikutip dalam siaran pers. Minggu (23 Juni 2024).

Dalam kesempatan tersebut, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Amzul Revin menyampaikan harapannya agar para wisudawan mendapatkan pengalaman berharga selama kuliah di SRIT. Ia juga berpesan kepada para lulusan untuk berkiprah di tingkat nasional maupun internasional. “Saya mendoakan agar para wisudawan dapat meraih kesuksesan di segala bidang dan selalu menjaga nama baik sekolah,” ujar Amzul Revin.

Sementara itu, Komite SRIT, Titak Nahalal Hamzah, menghimbau semua pihak untuk ikut serta dalam upaya perbaikan dan pengembangan sekolah yang didirikan pada tahun 1962 tersebut. Perbaikan dan pengembangan tersebut diharapkan dapat meningkatkan hasil dan prestasi sekolah.

“Mari kita bekerja sama untuk melindungi SRIT, dengan tetap menjaga fasilitas, kualitas, dan kinerja sekolah,” ujarnya. Jangan lupa untuk terus menjaga silaturahmi antar kalian (wisudawan).

Menyampaikan laporan studinya, Presiden SRIT Ari Dryaningsih menjelaskan, pada tahun ajaran 2023/2024 banyak mahasiswa yang mendaftar di perguruan tinggi dalam dan luar negeri dan meraih prestasi tertinggi di kompetisi internasional, nasional dan internasional.

“Tiga mahasiswa SRIT yang lolos ke perguruan tinggi Indonesia: Adzikra Adirajasa (Unair), Ursula Catharina (Unpar) dan Naomi Natalie Ruauw (Unika Soegijapranata). Salah satu mahasiswa yang lolos ke Utrecht University di Belanda bernama Alejandro. Rakai Olav,” jelas Ari.

Ari mengatakan prestasi lain dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah tercapainya beberapa siswa SRIT yang mencapai standar OSN tingkat kabupaten di banyak mata pelajaran dan keberhasilan menunjuk perwakilan OSN nasional pada mata pelajaran biologi yang diberi nama Metanala Firsta Regha Ryanda.

Mengenai prestasi dan prestasi lainnya yang telah diraih SRIT antara lain Najwa Rahman Rustom meraih penghargaan sebagai pemain terbaik dalam Lomba Pidato Bahasa Inggris Meguro, dilanjutkan dengan penghargaan dalam lomba menggambar Dinas Pemadam Kebakaran Kota Meguro dan berpartisipasi sebagai anggota dari Persatuan Indonesia,” ujarnya. .”

Upacara wisuda SRIT yang diikuti 45 wisudawan merupakan salah satu wisuda terbesar dalam sejarah sekolah. Ke-45 siswa tersebut meliputi TK (9), SD (8), SMP (8), dan SMA (20).

Acara tersebut juga dimeriahkan dengan penampilan seni oleh seluruh mahasiswa SRIT sebagai bentuk implementasi proyek Peningkatan Profil Siswa Pancasila (P5). Pertunjukannya antara lain menari, pencak silat, dan permainan angklung.​ 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours