Denny Caknan, Berawal dari Keterbatasan Hingga Jadi Penyanyi Pop Jawa Papan Atas

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Denny Caknan dengan suaranya yang unik dan lirik yang menyentuh hati berhasil memikat jutaan penggemarnya di Indonesia. Lagu-lagu Laos dengan tema cinta, kehidupan dan masyarakat telah merasuki setiap generasi.

Lebih dari sekedar penyanyi, Denny Kacnan merupakan fenomena budaya yang berhasil menghidupkan dan memodernisasi musik coplo. Kesuksesan tersebut tak hanya membuatnya tenar di kampung halaman, tapi juga membuka jalan bagi musisi muda lainnya untuk berkarya di genre yang sama.

Nama Denny Kacnan sudah tidak asing lagi apalagi di kalangan produser musik asal Jawa. Pria kelahiran Ngawi yang mengawali karir di dunia musik pada tahun 2019 dengan lagu “Kartonyono Medot Janji” ini kerap dielu-elukan sebagai The Next Didi Kempot.

Perjalanan karier musik Denny bisa dikatakan tidak mudah. Lagu “Kartonyono Medot Janji” lahir dari keterbatasan yang dialami Denny baik dari segi fasilitas maupun materi.

Proses kreatif pembuatan musik dilakukan dengan peralatan yang sederhana dan minim. Namun keterbatasan tersebut justru membuat Denny mampu menghasilkan karya nyata dan menyentuh hati banyak orang.

Denny Kacnan menulis semua lagunya sendiri. Seperti halnya Didi Kempot, lagu ciptaan Denny ini menggunakan beberapa ungkapan bahasa Jawa Indonesia sebagai pemanisnya.

Lirik yang sederhana namun penuh makna dalam lagu-lagu Denny Caknan begitu memikat hati para pendengarnya. Topik yang diangkat dalam lagu-lagunya dekat dengan kehidupan sehari-hari sehingga “mendekati duduk” bagi penontonnya. Selain itu, penggunaan bahasa Jawa yang kental membuat liriknya terasa autentik dan mendalam

Dalam unggahannya di Instagram, Denny pun menceritakan perjalanan hidupnya yang penuh tantangan. Sebelum menjadi musisi sukses, Denny mengaku pernah bekerja sebagai tukang kebun yang merupakan salah satu momen terendah dalam hidupnya.

“Dilahirkan, dibesarkan, berjuang di tempat dan lingkungan yang sama, perjuangan ini sepertinya selalu sangat sulit, kita harus bisa melawan arus terhadap sesuatu yang hanya bisa menggila dalam mimpi. Nikmatilah kebahagiaanmu. Prosesnya dan percaya bahwa motivator terbaikmu Lakukan “Alhamdulillah atas semua pelajaran hidup yang telah kamu berikan,” kata Denny di akun Instagram pribadinya.

Ada banyak lagu yang dirilis Danny Kane sejauh ini. Beberapa lagunya kini sudah diputar ratusan juta kali di YouTube, misalnya “Los Dol” sudah ditonton 150 juta kali dan “Kartonyono Medot Janji” sudah diputar 285 juta kali.

 

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours