Dinas Pertanian sediakan bibit tanaman cabai untuk warga OAP

Estimated read time 1 min read

Antara – Kementerian Pertanian di Kabupaten Biaknamfo, Provinsi Papua, akan menyiapkan benih cabai untuk Masyarakat Adat Papua (OAP) desa tersebut pada tahun 2024 untuk membantu mereka berperan dalam pengendalian inflasi.

“Benih lada yang kami siapkan sangat cocok untuk mendukung program pengendalian inflasi dan ketahanan pangan lokal,” kata Emmanuel Knapp, direktur Badan Pertanian dan Ketahanan Pangan Biak, Sabtu.

Ia mengatakan Kementerian Pertanian telah mendistribusikan bibit lada ke beberapa desa dan wilayah dalam beberapa bulan terakhir.

Bahkan, di beberapa daerah perkebunan lada, sebagian cabai sudah dipanen oleh petani lokal dan siap dijual di pasar, ujarnya.

Emmanuel berharap dengan berbagi bibit tanaman kepada petani asli Papua, mereka bisa menanam tanaman tersebut dan memanen serta menjual hasilnya.

“Memanen cabai membantu petani dan keluarga mereka menghasilkan uang,” katanya.

Direktur Pertanian Emmanuel berharap para petani OAP di desa tersebut dapat memanfaatkan kebunnya untuk menanam cabai.

Diakui Emmanuel, permintaan cabai untuk konsumsi masyarakat terus meningkat setelah memantau pasar sehari-hari.

“Kami berharap pasokan cabai yang dihasilkan petani Biak mampu memenuhi kebutuhan pangan lokal dan mencegah inflasi lokal di Kabupaten Biak Nanfu tidak terkendali,” ujarnya.

Hingga Sabtu (24/8), banyak petani di desa tersebut yang menanam cabai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di pasar setempat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours