UMKM Pertamina Raup Rp1 Miliar di Pertamina Grand Prix of Indonesia

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Pertamina Grand Prix Indonesia 2024 memberikan berkah bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan Pertamina yang mengikuti Pertamina Energizing You Festival. Selama tiga hari penyelenggaraan pada 27-29 September 2024, UMKM mencatatkan total omzet sebesar Rp1,1 miliar, meningkat 56% dibandingkan keberhasilan tahun lalu pada acara serupa dengan transaksi Rp689 juta.

Vice President Corporate Communications PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso menjelaskan, peningkatan kesuksesan UMKM pada tahun ini tidak lepas dari persiapan pameran yang lebih matang. Bermula dari sajian produk UMKM sesuai kebutuhan penonton, produk khas Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dipamerkan mampu mencuri perhatian pengunjung.

“Selain produk yang sangat dibutuhkan pengunjung, tahun ini kawasan UMKM juga ditempatkan satu tempat dengan area panggung hiburan. Area Pertamina Energizing You Festival menjadi solusi untuk memudahkan pengunjung,” kata Fadjar, Selasa. (1/10/2024).

Fadjar menambahkan, salah satu keunikan UMKM Pertamina adalah konsep kelestarian lingkungan yang menjadi fokus energi BUMN ini. Ia mencontohkan UMKM Good Craft yang mengelola limbah pelepah kelapa menjadi berbagai produk kerajinan kreatif.

Pemilik Good Craft Gilang Putra mengatakan, produk kerajinan berbahan dasar pelepah kelapa kerap dipesan sebagai oleh-oleh oleh berbagai instansi, pelaku usaha dalam negeri, bahkan pembeli eceran. “Bagi UMKM kerajinan, permintaan konsumen terhadap produk daun-daunan merupakan suatu kebanggaan, karena konsep go green yang kami dapatkan dari pelatihan Akademi UMK Pertamina bisa menjadi salah satu produk unggulan,” ujarnya.

Gilang pun mengungkapkan rasa bangganya atas apresiasi Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati saat menerima lukisan wajah berbahan pelepah kelapa dari Good Craft.

Tak hanya kerajinan tangan, berbagai makanan dan minuman populer pun banyak dicari para pengunjung Pertamina Energizing You Festival. Produk kue Nutsafir merk Sayuk adalah salah satunya. Nutsafir menghasilkan makanan berbahan dasar kacang tanah yang cocok dinikmati sambil menonton balap motor. Produk kue nutsafir juga sering dipesan di banyak hotel di Lombok.

Para UMKM yang menjadi Mitra Binaan Pertamina sejak tahun 2022 ini juga kerap mengikuti berbagai acara Pertamina. “Pada ajang Pertamina Grand Prix Indonesia 2024 ini, saya berkesempatan untuk memperkenalkan produk kue kacang Nutsafir kepada pengunjung luar NTB, serta produk-produk lainnya sebagai oleh-oleh khas Lombok,” kata Sayuk.

Keberhasilan UMKM tersebut sejalan dengan komitmen Pertamina sebagai perusahaan terdepan di sektor transisi energi, untuk mendukung target Net Zero Emissions tahun 2060, sekaligus terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). ). ). “Semua upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environment, Social and Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasional Pertamina,” tegas Fadjar.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours