Nadal pensiun akhir musim 2024

Estimated read time 2 min read

Jakarta dlbrw.com – Rafael Nadal mengumumkan pengunduran dirinya pada akhir musim 2024 saat memainkan pertandingan profesional terakhirnya di final Piala Davis di Malaga pada 19-24 November.

“Halo semuanya, saya di sini untuk memberi tahu Anda bahwa saya pensiun dari tenis profesional,” kata pemain berusia 38 tahun itu dalam bahasa Spanyol dalam video yang diunggah ke akun media sosialnya, Kamis.

“Ini adalah tahun-tahun yang sulit, terutama dua tahun terakhir. Saya rasa saya tidak bisa bermain tanpa batas waktu.”

“Itu adalah keputusan yang sangat sulit, yang membutuhkan waktu cukup lama untuk saya ambil, namun dalam kehidupan ini, segala sesuatu memiliki awal dan akhir, dan saya pikir ini adalah waktu yang tepat untuk mengakhiri karir yang telah panjang dan sangat kaya. .lebih sukses daripada yang saya bayangkan.”

Menurut catatan ATP, Nadal telah memenangkan 92 turnamen di level turnamen dan menghabiskan 209 minggu di peringkat 1 ATP.

Dia telah menjadi salah satu bintang terbesar di ATP Tour sejak menjadi pemain tenis profesional pada tahun 2001. Dia memiliki 22 gelar Grand Slam, termasuk 14 di Roland Garros.

Nadal akan mengakhiri karirnya yang gemilang di negara asalnya Malaga dengan berpartisipasi dalam tim Piala Davis Spanyol yang juga beranggotakan Carlos Alcaraz.

Tuan rumah akan memainkan pertandingan perempat final melawan Belanda pada 19 November.

Nadal mengungkapkan kebahagiaannya karena turnamen terakhirnya adalah Piala Davis dan ia mewakili negaranya.

“Saya pikir saya telah mencapai titik balik karena salah satu kegembiraan besar pertama saya sebagai pemain tenis profesional adalah final Piala Davis di Seville pada tahun 2004. Saya merasa sangat, sangat beruntung atas semua yang saya alami.”

Nadal, yang mencatat rekor 12-7 sejauh ini pada tahun 2024, berterima kasih kepada para pesaingnya di ATP Tour, timnya, dan keluarganya (termasuk pamannya dan mantan pelatih Toni Nadal).

“Berjuang di kandang sendiri dan melihat bagaimana anak saya berkembang setiap hari adalah kekuatan yang benar-benar memberi saya energi untuk melanjutkan,” kata pria asal Spanyol itu.

Nadal sangat populer di dunia tenis. Pemain sayap kiri bersaing ketat di “Tiga Besar” bersama Roger Federer dan Novak Djokovic, yang berarti ia akan mengakhiri karirnya sebagai salah satu ikon tenis terbesar.

Di akhir video, Nadal berkata: “Akhirnya, Anda adalah penggemarnya. Saya sangat berterima kasih atas karya Anda.” “Kalian memberiku energi yang selalu aku butuhkan.”

“Sebenarnya, semua yang aku jalani hanyalah mimpi. Karena aku memberikan yang terbaik, karena aku mencoba semua yang aku bisa, aku meninggalkan tempat ini dengan damai. Aku hanya bisa mengucapkan ribuan terima kasih kepada semuanya. Dan sampai jumpa lagi.”

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours