Ratusan perusahaan furnitur ikut pameran IFFINA Indonesia Expo 2024

Estimated read time 3 min read

Kabupaten Tangerang dlbrw.com – Asosiasi Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (ASMINDO) menyelenggarakan IFFINA Indonesia Furniture and Design Expo pada 14-17 September 2024 yang diikuti 200 perusahaan furnitur internasional.

CEO Tangerang, Asmindo Dedi Rochemate, mengatakan, penyelenggaraan IFFINA 2024 dengan tema “Sustainable by Design” merupakan wujud kepedulian masyarakat furnitur Indonesia yang berkelanjutan.

“Setelah sukses menyelenggarakan IFFINA pada tahun lalu dan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, kini kami kembali menyelenggarakan IFFINA dengan tema ‘Sustainable by Design’ pada tanggal 14-17 September 2024,” ujarnya

Menurutnya, pameran Effina tahun ini merupakan pameran ke-11 yang diselenggarakan Asmindo, dan acara tersebut diselenggarakan oleh ICE dengan enam kategori utama. Diselenggarakan di BSD, Kabupaten Tangerang, Banten yaitu Mebel, Kerajinan Tangan, Proyek Desain, Perabotan Rumah Tangga (Household Furniture), Rumah. Tekstil, dan dekoratif dan hadiah.

“Kami percaya untuk fokus pada keberlanjutan

Peluang baru dan peningkatan daya saing industri kita,” ujarnya.

Kami berharap melalui IFFINA Indonesia Meubel & Design Expo yang berskala internasional dapat memajukan industri furnitur dan kerajinan Indonesia secara besar-besaran.

Dedi juga mengatakan, pameran ini menampilkan tren dan keunggulan terkini di bidang manufaktur furnitur dan desain interior.

“Para profesional industri akan memiliki kesempatan untuk berjejaring dengan para ahli, mengeksplorasi teknologi terkini, dan menjajaki peluang bisnis baru,” jelasnya.

Ia menambahkan, pada edisi 2024, pihaknya menargetkan nilai transaksi meningkat 30 persen dibandingkan capaian tahun 2023 sebesar US$200 juta.

“Biasanya kita targetkan sekitar 20%, kita coba kembangkan. Kita juga tahu kalau tahun ini nilai ekspornya turun 20-30%, tapi kalau kita lihat produk kita, kita yakin akan tumbuh lagi,” katanya.

Sementara itu, Managing Director dan VP Asia-Pacific Coelenmes Matthias Kueper mengatakan IFFINA memimpin dalam penyelenggaraan pameran furnitur dan kerajinan pada putaran kedua.

Kehadirannya akan menjadi inspirasi bagi negara-negara ASEAN lainnya untuk mengikuti jejak Asmindo dengan menyelenggarakan pameran internasional serupa sehingga dapat mendorong berkembangnya ekosistem yang menguntungkan pada siklus kedua di kawasan Asia Tenggara.

“Kami sangat senang dapat menghadirkan INTERZUM ke Indonesia untuk pertama kalinya. Kemitraan dengan IFFINA ini merupakan peluang besar untuk menampilkan inovasi terbaru dalam manufaktur furnitur dan desain interior. Kami yakin kemitraan ini akan mendorong dan memperkuat peluang bisnis baru. industri furnitur di kawasan Asia,” tuturnya.

Ketua Panitia Pelaksana IFFINA 2024 Nico Alexander Vissano menambahkan, pemerintah melalui beberapa kementerian sudah berkomitmen sejak awal untuk mendukung kembali terselenggaranya IFFINA pada tahun lalu.

Menurutnya, hal itu untuk mendukung berkembangnya industri furnitur dan kerajinan Indonesia yang berkelas dunia dengan menciptakan ekosistem pelaku industri terkait yang sesuai dengan potensi pasar nasional dan kebutuhan ekspor luar negeri.

“Oleh karena itu, kami berharap rantai pasok yang kuat dan terintegrasi menjadi langkah positif untuk mendukung pertumbuhan industri,” ujarnya.

Asmindo berkomitmen pada IFFINA tahun ini, menghadirkan jaringan potensi pasar yang luas secara global, dengan permintaan diperkirakan mencapai $766 miliar pada tahun 2024 (berdasarkan Statista 2024).

“Ini merupakan potensi pendapatan sebesar $7 miliar bagi industri furnitur Indonesia. Target jumlah pengunjung IFFINA tahun ini akan meningkat 20 persen dibandingkan tahun lalu, dan juga akan didukung penuh oleh pemerintah melalui lembaga publik dan kementerian terkait. .

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours