Google Doodle Hari Ini: Mengenal AT Mahmud Sosok Berjasa di Dunia Musik Anak

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Gambar pencipta lagu anak-anak Abdullah Totong Mahmud muncul di Google Doodle edisi Kamis (10 Maret 2024). Google Doodle digunakan untuk merayakan ulang tahun ke-94 musisi yang mempengaruhi industri musik dan pendidikan anak Indonesia ini.

Abdullah Totong (AT) Mahmud lahir pada tanggal 3 Februari 1930 di Kampung 5 Ulu Kedukan Anyar, Palembang, Sumatera Selatan. Dia meninggal pada 6 Juli 2010 pada usia 80 tahun. .

Sebagai musisi kawakan, ia tak hanya menciptakan lagu, tapi juga kenangan masa kecilnya. Lagunya yang sederhana, penuh makna dan mudah diingat serta merupakan melodi indah yang mengiringi hari-hari bahagia anak Indonesia.

Siapa yang bisa melupakan kata-kata manis seperti “Pelangi, pelangi, kamu cantik sekali…” atau “Bu, beri aku bulan…”? PADA. Karya-karya Mahmoud seolah menyatu dengan lingkungan bermain, belajar, tumbuh kembang anak.

Lewat lagu-lagu seperti “Bintang Kejora”, “Kadal di Dinding” dan “Amelia”, AT Mahmood sukses membangkitkan imajinasi, emosi, dan nilai-nilai kehidupan dalam jiwa anak-anak. Lagu-lagunya tidak hanya menghibur tetapi juga memiliki pesan moral yang mendidik seperti keindahan alam, cinta kepada orang tua dan pentingnya persahabatan.

Dengan ritme dan lirik yang menyenangkan sehingga memikat anak-anak untuk ikut bernyanyi, karya seninya akan selalu hidup di hati setiap generasi. Lagu-lagu AT Mahmood tidak hanya menemani masa kanak-kanak tetapi juga menjadi jembatan nostalgia bagi orang dewasa, membuat mereka mengingat masa-masa riang dan bahagia. Namanya masih dikenang hingga saat ini sebagai sosok yang menjadi soundtrack masa kecil Indonesia, memperkaya dunia anak-anak dengan musik yang tak lekang oleh waktu.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours