Dukung Pertumbuhan UMKM dan Brand Lokal, Shopee Hadirkan Produk Lokal ke Pengguna

Estimated read time 3 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Shopee berkomitmen mendukung usaha kecil dan merek lokal di seluruh Indonesia melalui berbagai inisiatif dan program. Platform e-commerce ini bertujuan untuk memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh pelaku usaha baik di perkotaan maupun terpencil.

Dalam upaya mendorong UKM dan merek lokal agar semakin populer di Indonesia, inisiatif “Shopee Pilih Lokal” telah menjadi salah satu pilar inti Shopee dan wujud komitmen kuat terhadap pertumbuhan ekonomi lokal. Fitur Shopee Pilih Lokal berhasil menarik lebih dari 29 juta pengunjung pada paruh pertama tahun 2024, dan menjadi ruang privat di mana pengguna dapat mencari berbagai produk lokal unggulan dan berkualitas yang disukai pengguna. Hal ini tidak hanya merupakan peluang bagi usaha kecil dan merek lokal untuk mendapatkan eksposur yang lebih luas, namun juga membantu meningkatkan kesadaran merek di tingkat nasional.

Pada semester pertama ini, Shopee merasa bangga dapat berkontribusi dalam menciptakan pasar positif serta pelaku bisnis lokal di pusat kota, ujar Monica Fiona, Marketing Growth Manager Shopee Indonesia. Usaha kecil dan merek lokal di daerah seperti Kabupaten Klaten, Pandeglang dan Mojokerto mengalami peningkatan transaksi tertinggi tahun ini.

“Hal ini menunjukkan bagaimana para pelaku usaha lokal di berbagai daerah dapat memanfaatkan Shopee sebagai mitra yang kuat untuk menciptakan bisnis yang berkelanjutan dan penetrasi pasar digital yang komprehensif,” ujarnya.

Semangat pengguna Shopee di berbagai pulau di Indonesia untuk menemukan produk yang mereka inginkan tercermin dalam tren produk lokal terpopuler. Secara geografis dibagi menurut lokasi dan waktu adalah sebagai berikut:

– Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB): dari Sumatera hingga Jawa

Mulai dari wilayah Indonesia bagian barat, berbagai produk fesyen seperti celana wanita dan batik menjadi produk lokal yang paling banyak dibeli karena tren fesyen di kedua pulau ini berkembang pesat. Menariknya, makanan khas seperti jajanan keripik pisang pada kategori makanan dan minuman pun tak ketinggalan mendominasi produk terlaris tahun ini.

– Waktu Indonesia Tengah (WITA): Kalimantan, Sulawesi, Bali, Kepulauan Nusa Tenggara

Mengingat Indonesia bagian tengah, produk-produk dalam kategori kecantikan seperti tabir surya menjadi produk yang paling banyak dicari saat ini, karena pulau ini terkenal dengan tempat wisatanya. Pertengahan tahun ini tampaknya menjadi waktu terbaik untuk menyambut musim liburan, dengan produk-produk dalam kategori fesyen dan aksesoris seperti sandal dan kacamata juga menduduki peringkat tinggi dalam penelusuran.

– Waktu Indonesia Timur (WIT): Maluku dan Papua

Dengan majunya era digital saat ini, kebutuhan akan produk-produk canggih di kategori ponsel dan aksesorisnya, seperti case HP, menjadi produk yang paling diidamkan oleh masyarakat pulau yang terletak di kaki langit timur Indonesia ini. Jangan lupa, perlengkapan rumah dan tempat tinggal seperti rak piring dan tirai jendela juga masuk dalam daftar produk terpopuler pertengahan tahun.

Untuk merebut pangsa pasar global tidak hanya secara lokal tetapi juga melalui teknologi digital yang komprehensif, Shopee juga menyediakan layanan terintegrasi melalui program Ekspor Shopee, yang melaluinya lebih dari 26 juta produk lokal diekspor ke berbagai negara. Tak hanya itu, pencapaian positif tersebut akan terus berlanjut di awal tahun 2024 dengan volume transaksi produk ekspor yang meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Shopee tidak hanya sekedar tempat belanja online, namun juga ruang aktif perubahan untuk membangun ekosistem perdagangan lokal yang kuat dan berkelanjutan di seluruh Indonesia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours