Pakar Braveheart Ungkap Tiga Penyebab Utama Sakit Jantung di Usia Muda

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA — Dokter spesialis jantung, dr. dr. Muhammad Yamin, Sp JP (K), Sp PD, FACC, FSCAI, FAPHRS, FHRS Biasanya penyebab penyakit jantung terbagi dalam kelompok umur, seperti kalangan muda (di bawah 40 tahun dan tua (di atas 40 tahun).

Sedangkan menurut pakar dari Braveheart Pravijaya Healthcare ini, pada orang yang berusia di bawah 40 tahun, penyebab penyakit jantung yang paling umum adalah kelainan bawaan, saluran listrik atau ion jantung jantung, dan cacat struktural pada organ jantung.

Listrik jantung, biasanya ion-ion yang mengatur kelistrikan jantung, mengalami perubahan genetik yang mengakibatkan rangsangan tertentu seperti olahraga, berenang, atau kebisingan misalnya, dan ion-ion tersebut menjadi penyebab atau mengancam irama jantung yang tidak teratur. Jantung berhenti berdetak, kata kepala Braveheart Center.

Sedangkan kelainan struktur organ jantung yang muncul sejak lahir lebih sering terjadi akibat kelainan pada gen yang mengatur otot jantung. Otot tebal ini memiliki kemampuan untuk mengganggu impuls listrik jantung.

Pada atlet profesional, hal ini biasanya terjadi karena mereka berlatih lebih keras dari biasanya. Otot yang awalnya tebal menjadi lebih tebal.

Pada kelompok usia di atas 40 tahun, penyebab kematian mendadak yang paling sering terjadi adalah serangan jantung atau biasa disebut penyakit jantung.

“Jadi tidak semua serangan jantung merupakan serangan jantung, dan tidak semua serangan jantung merupakan infark miokard. Oleh karena itu, serangan jantung dapat menyebabkan penyumbatan pada jantung, namun serangan jantung belum tentu menyebabkan serangan jantung, kata Muhammad Yamin.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours