Taspen Catat Pertumbuhan Investasi 10,55% di Triwulan III-2024

Estimated read time 2 min read

Jakarta – PT Taspen (Persero) terus menunjukkan kinerja bisnis positif dengan memberikan layanan terbaik bagi pesertanya sekaligus berkontribusi terhadap pembangunan perekonomian Indonesia. Hingga kuartal III tahun 2024, Taspen berhasil mencatatkan return on investment (YOI) sebesar 10,55%, lebih baik dibandingkan rata-rata industri.

Sekretaris Perusahaan Henra Taspen mengatakan misi utama Taspen adalah mengamankan dana pensiun peserta dengan mempertimbangkan risiko investasi. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari strategi investasi yang prudent dan tepat, khususnya melalui peningkatan portofolio Surat Utang Negara (SUN).

“Taspen mengutamakan keamanan dan kelanggengan dana pensiun peserta, dengan mempertimbangkan risiko dan keputusan investasi berdasarkan prinsip VALUE, sehingga mencapai hasil terbaik,” kata Henra. Keterangan Tertulis Sabtu (19/10/2024).

Selain SUN, Taspen berinvestasi pada obligasi, saham, dan reksa dana yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta perusahaan yang patuh terhadap peraturan. Perubahan ini memastikan pendekatan yang aman dan efektif terhadap dana pensiun Taspen.

Henra juga menjelaskan bahwa untuk memastikan pengelolaan risiko yang efektif, Taspen menerapkan tiga sistem perlindungan yang mencakup Komite Investasi, Manajemen Risiko, dan Audit Internal.

“Kinerja investasi Taspen yang berada di atas rata-rata industri mencerminkan keberhasilan kami dalam mengelola aset dengan tetap berpegang pada prinsip tata kelola yang baik,” kata Henra.

Dengan mengalokasikan 80% portofolionya pada instrumen berisiko rendah, Taspen memberikan arus kas yang cukup kepada peserta untuk memenuhi kewajiban dan operasional perusahaan sekaligus meminimalkan risiko kegagalan.

Untuk tetap mengedepankan tata kelola yang baik, TASPEN 2024 aktif menyelenggarakan Taspen GRC Insight Forum (TGIF) untuk mengintegrasikan nilai-nilai tata kelola, manajemen risiko, dan kepatuhan (GRC) dalam lingkungan perusahaan.

Atas upaya tersebut, Taspen telah menerima berbagai penghargaan, seperti Penghargaan Informasi Komisi Informasi Pusat pada tahun 2019, serta Penghargaan Tata Kelola Perusahaan Terbaik di Indonesia pada tahun 2020 hingga 2024. Taspen terus memenuhi kebutuhan jangka panjang. Menjamin likuiditas dan stabilitas dana pensiun.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours