Kalahkan Everest! 4 Gunung Ini Jauh Lebih Tinggi!

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Adakah gunung yang lebih tinggi dari Gunung Everest? Jawabannya tidak ada di bumi. Namun ceritanya berbeda di tata surya kita.

Gunung Everest dengan ketinggian 8.848,86 meter di atas permukaan laut dinyatakan sebagai gunung tertinggi di dunia berdasarkan pengukuran terbaru yang dilakukan China dan Nepal pada tahun 2020.

Namun, ada beberapa gunung di tata surya kita yang jauh lebih tinggi dari Everest.

Berikut 4 gunung di belakang Bumi yang lebih tinggi dari Everest: 1. Olympus Mons (Mars)

Tinggi: Sekitar 21.229 meter

Lokasi: Planet Mars

Keunikan: Olympus Mons merupakan gunung berapi perisai raksasa, sekitar tiga kali lebih tinggi dari Gunung Everest. Ini adalah gunung berapi terbesar dan tertinggi yang diketahui di tata surya kita. Begitu besarnya sehingga jika Olympus Mons ada di Bumi, basisnya akan mencakup seluruh negara bagian Arizona!

2. Rheasilvia Mons (asteroid Vesta)

Ketinggian: sekitar 22.000 meter

Lokasi: Asteroid Vesta

Keunikan: Rheasilvia Mons merupakan gunung tertinggi di asteroid Vesta, asteroid terbesar kedua di sabuk asteroid. Gunung ini terbentuk akibat hantaman besar yang hampir menghancurkan Vesta. Kawahnya sangat besar sehingga menutupi sebagian besar permukaan asteroid.

3. Gunung Boösaule Montes (Io)

Ketinggian: Sekitar 17.500 meter

Lokasi: Bulan Io (bulan Jupiter)

Keunikan: Boösaule Montes merupakan gunung tertinggi di Io, salah satu bulan Galilea Jupiter. Io adalah benda langit yang paling aktif secara vulkanik di tata surya kita, dengan ratusan gunung berapi aktif. Boösaule Montes lahir sebagai hasil aktivitas tektonik dan vulkanik yang kuat.

4. Gunung Euboea Montes (Io)

Ketinggian: sekitar 13.000 meter

Lokasi: Bulan Io (bulan Jupiter)

Keunikan: Eubea Montes merupakan pegunungan yang membentang sepanjang 1000 kilometer di permukaan Ia. Pegunungan ini juga terbentuk oleh aktivitas tektonik dan vulkanik yang kuat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours