Enam desa di Kubu Raya terima penghargaan wisata

Estimated read time 2 min read

Kalimantan Barat dlbrw.com – Sebanyak 6 desa wisata di Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat. Mendapat penghargaan dari Dinas Pemuda, Olah Raga, dan Pariwisata (Disporapar) Kubu Raya atas kontribusinya dalam pengembangan pariwisata.

“Penghargaan ini diberikan setelah melalui beberapa tahapan evaluasi. Mulai dari administrasi hingga kunjungan lapangan,” kata Kadisporapar Kubu Raya, Rini Kurinia So Saw.

Enam desa wisata peraih penghargaan tersebut adalah Desa Medan Mas, Desa Batu Ampar, Desa Kubu, Desa Sungai Kakap, Desa Lingga, dan Desa Sungai Deras.

Total, Kubu Raya memiliki 23 objek wisata yang terdaftar OSS dan 10 desa wisata dengan SK.

Desa-desa tersebut mempunyai potensi menawarkan produk alam, budaya dan kreatif kepada wisatawan.

Ia mengatakan, Penghargaan Desa Wisata Kabupaten Kubu Raya merupakan duplikasi dari Penghargaan Desa Wisata yang diberikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Untuk mengapresiasi kontribusi desa terhadap pengembangan pariwisata di Kubu Raya.

Selain penghargaan, keenam resor tersebut juga menerima berbagai hadiah mulai dari uang hingga pembinaan. Bantuan sarana dan prasarana dan bantuan paket homestay di resort.

“Enam desa wisata ini mendapat penghargaan. Tapi ada gaya dan nilai yang berbeda,” ujarnya.

Nugroho Hendray Eka Saputra, salah satu juri acara Penganugerahan Desa Wisata Kubu Raya, mengatakan nilai penilaian meliputi daya tarik wisata yang mencakup daya tarik atau produk, keunikan dan jenis wisata.

“Apakah ada homestaynya? Seberapa bersih dan apakah fasilitas homestaynya lancar? Apakah ada oleh-oleh atau produk desa untuk UKM? Apakah Holiday Village memiliki website atau media sosial? “Sering diperbarui,” katanya.

Termasuk pendirian desa wisata. Apakah ada SK mengenai desa wisata Dan apakah ada lembaga pengelola seperti Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis)?

Untuk itu Dewan Pembina Asosiasi Agen Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Kalbar berkomitmen menciptakan paket desa liburan. serta promosi dan pemasaran desa wisata di Kubu Raya.

“ASITA rencananya akan menguji coba paket wisata pada akhir November. sesuai dengan kehendak Tuhan Bisa saja mulai dijual pada Desember untuk mengakomodasi liburan akhir tahun,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours