Utusan PBB: Ribuan warga masih terjebak banjir di timur laut Nigeria

Estimated read time 2 min read

Maiduguri, Nigeria dlbrw.com – Ribuan orang masih terjebak di daerah rawa beberapa hari setelah banjir besar melanda Nigeria timur laut, kata seorang pejabat PBB, Sabtu (14 September).

Koordinator residen dan kemanusiaan PBB di Nigeria, Mohamed Malik Fall, mengatakan kurangnya dana telah menghalangi evakuasi banyak warga yang terjebak di daerah banjir menyusul banjir besar yang terjadi di kota Madhuri pada Selasa (9 September), yang merupakan banjir terburuk dari tiga banjir besar. dasawarsa.

Hingga saat ini, ribuan warga masih tinggal di wilayah yang banjirnya belum surut, kata Fall kepada wartawan dalam konferensi pers di Maiduguri, Sabtu, usai menjenguk warga yang terjebak di kamp pengungsi.

Dia menambahkan bahwa prioritas organisasi kemanusiaan PBB adalah bekerja sama dengan pemerintah Nigeria untuk mengevakuasi para korban dari daerah yang terkena dampak banjir, serta memberikan bantuan kepada para pengungsi untuk membantu mereka pulih dari pengalaman traumatis.

Menurutnya, PBB juga prihatin dengan potensi risiko kesehatan akibat banjir.

Menurutnya, komunitas kemanusiaan belum bisa menyebutkan secara pasti jumlah korban banjir, karena operasi penyelamatan masih berlangsung.

Badan Manajemen Darurat Nasional (NEMA) telah mengkonfirmasi 37 kematian dan 58 luka-luka sehubungan dengan banjir tersebut.

Pihak berwenang mengatakan lebih dari satu juta orang terkena dampak banjir, dan 414.000 lainnya mengungsi.

Beberapa pengungsi dievakuasi dan didaftarkan di kamp pengungsi internal (IDP) pada hari Sabtu.

Sumber: Anatolia

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours