Indef: Makan Bergizi Gratis Tingkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia

Estimated read time 1 min read

dlbrw.com, JAKARTA — Indonesia akan memiliki pemerintahan baru dalam waktu kurang dari seminggu. Prabowo Subianto – Jebran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober 2024.

Prabowo – Gibran memimpin negara ini untuk periode 2024-2029. Ada beberapa bidang program yang akan dilaksanakan. Salah satunya adalah program Makanan Bergizi Gratis. Sejak masa kampanye, hal itu selalu disuarakan.

Institute for Economic Development and Finance (INDEF) telah mencermati dampak program ini di masa depan. Direktur Eksekutif INDEF Esther Sri Astuti menjelaskan, pihaknya memahami alasan di balik gagasan tersebut. Dari segi pendidikan, banyak anak yang tidak bersekolah. Nilai Programme for International Student Assessment (PISA) Indonesia terus menurun.

“Nah, ini bisa menjadi solusi untuk meningkatkan nilai PISA dan di sisi lain meningkatkan kualitas pendidikan,” kata Esther dalam Makanan Bergizi Gratis untuk UMKM: Apa Pelajaran untuk Masa Depan? Ucapnya dalam diskusi online bertajuk Jakarta, Kamis (17/10/2024).

Pemberian MBG di sekolah berarti manfaat bagi anak dan manfaat bagi orang lain, lanjutnya. INDEF menilai kebijakan ini diharapkan dapat meningkatkan konsentrasi anak selama bersekolah.

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours