Presiden Jokowi: Anggaran pendidikan dialokasikan Rp722,6 triliun

Estimated read time 2 min read

Jakarta dlbrw.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan anggaran pendidikan telah dialokasikan sebesar Rp722,6 triliun pada Proyek Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

Anggaran pendidikan yang dialokasikan sebesar $722 triliun untuk perbaikan gizi sekolah, renovasi sekolah dan pengembangan perguruan tinggi, serta perluasan program pendidikan, kata Presiden Joko Widodo dalam laporan keuangan APBN tahun anggaran 2025, di Jakarta, MPR/DPR/. Gedung DPD KHDR RI 2024-2025

Presiden Joko Widodo menjelaskan anggaran tersebut juga akan dialokasikan untuk pengembangan kebudayaan, penguatan universitas kelas dunia, dan promosi penelitian.

Jumat pekan lalu, pada Rapat Gabungan MPR RI dan KHDR RI serta DPD RI Tahun 2024 di Kompleks Konvensi Senayan Jakarta, Presiden Joko Widodo memaparkan alat perlindungan pemerintah bagi masyarakat berpenghasilan rendah seperti Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, dan Keluarga Harapan. Program, 10 dalam kepemimpinan tahunan.

Ia mengatakan, pemerintah menganggarkan Rp361 triliun dari APBN untuk program Kartu Indonesia Sehat selama sepuluh tahun berkuasa.

Anggaran ini digunakan untuk membiayai layanan kesehatan bagi lebih dari 92 juta peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) setiap tahunnya, mulai dari generasi muda hingga lansia, di seluruh Indonesia.

Selain itu, pemerintah telah menganggarkan 113 triliun untuk program Kartu Indonesia Pintar untuk pendidikan lebih dari 20 juta siswa di seluruh sekolah dasar, menengah/vokasi di Indonesia selama satu dekade terakhir.

Kepala Negara merinci anggaran Program Keluarga Harapan sepuluh tahun sebesar Rp 225.000 miliar untuk meningkatkan perekonomian sekitar 10 juta keluarga miskin setiap tahunnya.

Kemudian, anggaran sebesar Rp60,3 triliun untuk program prakerja 5 tahun digunakan untuk meningkatkan keterampilan 18,8 juta pekerja di seluruh Indonesia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours