Penjualan Mobil Listrik Global Melejit, China Jadi Kunci!

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Penjualan kendaraan listrik secara global meningkat dengan mencetak rekor baru pada September 2024. Peningkatan tersebut ditunjukkan oleh Rho Motion yang mana penjualan kendaraan listrik (BEV) dan plug-in hybrid (PHEV) di seluruh dunia meningkat sebesar 30,5 persen dan naik. menjadi 1,7 juta. unit.

Pasar Tiongkok sangat penting dalam hal ini, dimana pembeli dari negara penutup bambu mencatatkan pembelian 1,1 juta keping. Angka ini mengalami peningkatan sebesar 47,9 persen dan menandai bulan kedua berturut-turut penjualan kendaraan listrik di Tiongkok melampaui satu juta.

Menurut Carscoops, penjualan mobil listrik di wilayah lain tidak secepat di China. Namun pertumbuhannya masih ada, meski jumlahnya tidak bertambah banyak.

Misalnya, di Amerika Utara, penjualan meningkat sebesar 4,3 persen, dan di Eropa sebesar 4,2 persen. Sedangkan Inggris mengalami peningkatan sebesar 24 persen, disusul Italia dan Jerman.

Dalam sembilan bulan pertama tahun ini, penjualan kendaraan listrik global mencapai 10,5 juta, meningkat 22 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2022. Peningkatan terjadi di China sebesar 35 persen, mencapai 7,2 juta pada Januari hingga September.

Sedangkan di Amerika Serikat dan Kanada terjadi peningkatan sebesar 10 persen menjadi 1,3 juta. Eropa, pasar kendaraan listrik terbesar kedua setelah China, mengalami penurunan sebesar 4 persen, dengan total penjualan 2,2 juta. Sedangkan ekspor daerah meningkat sebesar 25 persen.

Charles Lester, manajer data Rho Motion, mengatakan rekor ini membawa harapan baru bagi industri mobil listrik. Meski terjadi penurunan di beberapa daerah sehingga menimbulkan keraguan terhadap transisi ke transportasi ramah lingkungan.

“Meski pengenalan kendaraan listrik nampaknya tidak bisa dihindari, penurunan penjualan di banyak belahan dunia telah menimbulkan keraguan yang kini bisa dihilangkan,” ujar Lester, seperti dilansir Carscoops.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours