Pesona Danau Kelimutu yang Berubah Warna Sebelum Pak Harto Wafat

Estimated read time 3 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Suara kicauan burung yang saling bersahutan memecah keheningan suasana di kawasan Taman Nasional Kelmutu, Ende, NTT yang masih asri. Selama perjalanan menuju puncak Gunung Kilimuthu, pengunjung ditemani oleh suara burung Garugiva.

Hewan terbang yang dikenal dengan sebutan burung hantu merupakan peccaries asli yang hanya terdapat di Flores. Garugava merupakan burung cerdas yang dapat meniru 12 suara berbeda. Tak heran jika burung ini menjadi simbol Balai Taman Nasional Klimutu.

Dari tempat parkir, untuk menuju Danau Kelimutu yang berada di cekungan Gunung Kelimutu, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 2 kilometer dan menaiki sekitar 300 anak tangga menuju puncak gunung.

Berbicara tentang Danau Kelimutu tidak lepas dari kepercayaan masyarakat Lio yang tinggal di wilayah Ende. Danau ini diyakini sebagai tempat bersemayamnya makhluk halus.

Konon arwah orang mati bersemayam di tiga danau di puncak gunung. Danau tiga warna atau tiga tersebut diberi nama Tiwu Ata Mibupu, Tiwu Nova Muri Koo Fai dan Tiwu Ata Polo.

Orang yang mengamalkan kebaikan dan kebaikan semasa hidupnya berumur panjang, kemudian setelah meninggal jiwanya merasuki Tivu Ata Mibupu, danau yang gelap.

Sedangkan arwah orang yang mati muda merasuki Tiwu Nuwa Muri Koo Fai yang berwarna hijau. Selama proses ini, orang-orang yang pernah berbuat jahat dalam hidupnya, setelah kematiannya, jiwanya mengambil alih Tivu Ata Polo, yang mengubah danau menjadi warna-warna gelap seperti hijau tua, coklat dan merah.

Danau di Gunung Kilimuta berubah warna dari hijau menjadi biru, hitam atau merah. Masyarakat yang tinggal di kaki Gunung Kilimutu percaya bahwa perubahan warna danau membawa semacam pesan.

Misalnya, tahun 1996 (sebelum krisis keuangan), danau itu berubah warna, lalu tahun 2008 sebelum Soeharto meninggal, kata warga setempat, Adel, saat ditemui di kawasan Danau Kelimutu, akhir pekan lalu.

Bertentangan dengan kepercayaan masyarakat setempat, perubahan warna tersebut secara ilmiah disebabkan oleh mekanisme vulkanik yang memaksa gas dari bagian dalam bumi ke permukaan. Gas tersebut bereaksi di dalam danau dan bercampur sehingga mengubah warna air danau.

Perubahan warna hijau menjadi putih menunjukkan peningkatan aktivitas di Gunung Klimutu. Tidak ada pola yang jelas pada perubahan warna ini, tergantung aktivitas gunung berapi

Danau Kelimutu terletak di ketinggian 1.639 meter di atas permukaan laut. Jadi, Klimutu mengacu pada gunung berapi dengan warna berbeda.

Tak heran jika pesona Danau Segitiga banyak menarik wisatawan untuk berkunjung ke danau yang berjarak 65 km dari kota Ende ini. Tak hanya wisatawan lokal, wisatawan mancanegara juga banyak yang terkejut.

Gabriel, seorang wisatawan asal Jakarta, mengaku kaget dengan pemandangan alam kawasan yang luar biasa. Meski saat itu ia tidak bisa melihat keindahan danau dengan jelas karena terhalang kabut, ia tidak menyembunyikan keterkejutan Gabriel atas keindahan keajaiban alam tersebut.

“Indah sekali,” kata Gabriel, yang baru pertama kali berkunjung ke Danau Kilimuto. Ternyata banyak sekali tempat yang bisa dijelajahi di Indonesia dan lebih indah dari tempat lainnya.

Untuk mencapai kawasan tersebut, Gabriel harus bermalam di sebuah desa di kaki gunung. Banyak pilihan perumahan terjangkau tersedia di iklim yang lebih sejuk. Ia menyarankan wisatawan untuk datang sebelum pukul 08.00 waktu setempat untuk melihat keindahan danau lebih jelas. Jika Anda bepergian sendirian, penduduk setempat akan dengan senang hati mengantar pengunjung pergi.

Ferdinand Radawara, pemandu wisata Dinas Pariwisata Ende, mengatakan dari ketiga danau tersebut, hanya Danau Tivu Ata Ata Mibupu yang bisa diakses. Namun pengunjung tetap tidak diperbolehkan melakukan aktivitas seperti berenang.

“Sebenarnya sekarang II. atau pada tingkat “peringatan”. Wisatawan hanya bisa mendaki ke puncak, bukan ke danau. “Jam kunjungan dibatasi 12 jam,” jelas Ferdinand.

 

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours