Mendag: Bibit unggul maksimalkan potensi perdagangan komoditas

Estimated read time 2 min read

Lampung Selatan dlbrw.com – Menteri Perdagangan (Mendak) Zulkifli Hassan mengatakan penyediaan benih berkualitas penting untuk meningkatkan kapasitas produksi pasar.

“Misalnya produksi kelapa bisa diekspor ke hilir meski tanamannya tumbuh sendiri dan tidak dilibatkan pemerintah. Kalau dikelola dengan baik, penjualannya akan meningkat pesat,” kata Sulkifli Hassan di Lampung Selatan, Sabtu.

Melihat peningkatan penjualan produk-produk berkualitas tinggi seperti kelapa, kakao, kayu, lada, kopi, ia mengatakan perlunya pemerintah menghadirkan bibit-bibit terbaik.

“Kita mempunyai kekuatan produk dan uang yang cukup, namun tidak dikelola dengan baik. Oleh karena itu, saya menyarankan perlunya lembaga penelitian untuk menghasilkan bibit produk yang berkualitas,” ujarnya.

Menurutnya, para petani kemudian dapat diberikan bibit produk terbaik secara gratis, kemudian dilatih cara menanam dan pengolahan buah yang baik.

“Jika kita bisa konsentrasi dalam penerapannya, kita pasti akan menghasilkan produk yang lebih baik dengan kualitas yang luar biasa dari bahan-bahan yang ada,” ujarnya.

Dijelaskannya, dengan dihasilkannya produk yang bagus maka perdagangan dalam dan luar negeri bisa meningkat sehingga negara bisa menerima banyak devisa.

“Bisa dibentuk kelompok di masing-masing daerah untuk fokus pada kegiatan akar rumput, misalnya di Lampung cocok untuk ditanami kopi, lada, dan kelapa, sehingga produk ini akan terus meningkat, sehingga ada perdagangan produk dan produk,” imbuhnya. Baca Juga: Mendag Pangkas Ekspor Kelapa Lampung Senilai 25 Miliar

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours