Dukung Industri Kerajinan, Pegadaian Hadirkan UMKM Binaan di Inacraft 2024

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – PT Pegadaian kembali menegaskan komitmennya dalam memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan mengikuti pameran kerajinan terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara, Inacraft 2024, yang digelar di Convention Center Jakarta. (JCC) mulai Rabu (2/10/2024) hingga Minggu (6/10/2024).

Ini bukan hanya kesempatan untuk memamerkan karya seni lokal, tetapi juga merupakan platform penting bagi usaha kecil dan menengah untuk memperluas pasar mereka baik secara nasional maupun internasional.

Pegadaian bekerja sama dengan tiga UKM binaan yaitu Telulas Craft, MADEBYDE dan Rumah Boutique Emi. Ketiganya dikenal dengan produk yang memadukan kearifan lokal dengan inovasi modern.

Misalnya saja Telulas Craft yang menawarkan kerajinan bernilai seni tinggi yang memadukan unsur tradisional dan kontemporer. Sedangkan MADEBYDE menawarkan aksesoris buatan tangan yang unik dan personal. Rumah Butik Emi kemudian menghadirkan koleksi pakaian yang terinspirasi dari sastra Indonesia yang menonjolkan keindahan tekstil tradisional Indonesia dalam bentuk pakaian yang modern dan elegan.

Seluruh UKM tersebut merupakan bagian dari program UMKM binaan Pegadaian yang mendapatkan berbagai macam dukungan, mulai dari akses permodalan, pelatihan pengembangan usaha, hingga bantuan perluasan pasar dan peningkatan kualitas produk. Tujuan dari dukungan ini adalah untuk memastikan UKM tidak hanya mampu bertahan, namun juga berkembang dan siap menghadapi tantangan pasar global.

Direktur Operasi dan Jaringan Penjualan PT Pegadaian Eka Pebriansyah mengatakan, kehadiran Pegadaian di Inacraft 2024 merupakan langkah untuk mendorong usaha kecil dan menengah Indonesia.

“Partisipasi kami pada Inacraft 2024 tidak hanya sekedar pengenalan produk-produk berkualitas bagi UKM yang kami dukung, namun juga merupakan langkah strategis untuk mendorong UKM Indonesia bersaing di dunia internasional. “Kami yakin produk-produk kreatif yang dihasilkan oleh UKM Indonesia memiliki potensi besar untuk diadopsi oleh pasar global, dan kami akan terus mendukung mereka di setiap tahap pengembangannya,” ujarnya.

Keikutsertaan Pegadaian dalam Inacraft 2024 jelas bertujuan untuk memperkuat posisi UKM binaan dalam ekosistem ekonomi kreatif yang berkelanjutan dan inklusif. Langkah ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, khususnya Tujuan 8 mengenai pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi.

“Tentunya kita berharap usaha kecil dan menengah dapat terus berkembang dan memberikan pengaruh positif terhadap perekonomian nasional. “Kami juga tidak akan berhenti mendukung perusahaan-perusahaan kecil dan menengah untuk mencapai level yang lebih tinggi dan memasuki kancah internasional,” kata Eka.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours