Mentan Amran pastikan stok CPO cukup untuk bahan baku B50

Estimated read time 2 min read

Jakarta dlbrw.com – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Suleiman mengatakan ketersediaan minyak sawit mentah (CPO) masih cukup untuk biodiesel 50 persen atau (B50).

Amran mengatakan Indonesia memiliki produksi CPO yang melimpah yakni sekitar 46 juta ton, sedangkan yang dibutuhkan untuk memproduksi B50 hanya 5,3 juta ton.

“CPO kita produksinya 46 juta ton, sekarang kita pakai 20 juta ton untuk (kebutuhan) dalam negeri. Kita ekspor 26 juta ton, kalau ambil 5,3 juta ton berarti tidak ada masalah kan,” kata Amran id, Selasa di Jakarta .

Selain itu, kata Amran, pemerintah lebih mengutamakan kebutuhan dalam negeri dibandingkan ekspor. Apabila diperlukan bahan baku CPO lebih banyak untuk B50, maka bagian kuota ekspor diambil.

“Kita turunkan (tarif ekspor SPM) sesuai kebutuhan dalam negeri. Dalam negeri kita prioritaskan,” ujarnya.

Penerapan B50, lanjut Amran, tidak akan dilaksanakan paling lambat pada tahun 2026. Namun program B40 baru akan dilaksanakan pada Januari 2025.

“Januari 2025 itu B40, mudah-mudahan bisa lebih cepat,” ujarnya.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto diketahui memperkirakan Indonesia siap menerapkan wajib bahan bakar biodiesel (BBM) B40 pada tahun 2025.

B40 merupakan bahan bakar dengan komposisi 40 persen minyak sawit dan 60 persen solar.

“Kesiapan (BBM) B40 sudah siap karena kita sekarang (BBM) B35,” kata Airlangga pada konferensi Green Initiative 2024 di Jakarta, Selasa (24/9).

Ia juga mengatakan tidak ada kendala selama proses pembuatan B40 tersebut.

Program upgrade biodiesel B35 ke B40 merupakan bagian dari upaya pemerintah melakukan transisi energi dari ketergantungan pada bahan bakar fosil menuju sumber energi terbarukan.

Kedepannya, penerapan B40 akan mengurangi penggunaan minyak sawit mentah (CPO) sebagai bahan utama bahan bakar tersebut.

Sementara itu, Direktur Jenderal Nova Energi Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Eniaya Listiani Dewi mengatakan, pihaknya saat ini sedang mempersiapkan infrastruktur untuk meningkatkan biodiesel dari B40 ke B50.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours