Sang Hyang Seri Pasok Benih Padi untuk 7.000 Hektare Sawah Jateng

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA – PT Sang Hyang Seri (SHS), salah satu anggota Badan Usaha Milik Negara (ID Food), bertugas mendistribusikan benih padi ke lahan persawahan seluas 7.000 hektare. Jawa Tengah (Jawa Tengah). Menurut Direktur Jenderal SHS, Adhi Kahyono Nugroho, hal ini merupakan salah satu cara perusahaan pangan pemerintah berkontribusi dalam peningkatan hasil panen negara.

“Pendistribusian benih padi untuk lahan sawah seluas 7.000 hektare akan dipusatkan di wilayah Kabupaten Pemalang Jawa Tengah,” kata Adhi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (2/7/2024).

Menurut Adhi, hal ini merupakan bagian dari penyaluran 175.000 kilo subsidi benih untuk Program Peningkatan Informasi Penanaman yang dicanangkan Kepala Badan Pertanian Pangan Kementerian Pertanian secara keseluruhan. SHS bertindak sebagai moderator. 

“Melalui kegiatan ini, SHS akan memberikan bantuan benih sebanyak 175.000 kilogram. Subsidi benih ditujukan kepada petani dengan tujuan meningkatkan produksi lahan pertanian,” kata Adhi. 

Adhi berharap para petani bisa menambah waktu tanam dan panen dalam satu tahun. Melalui program ini, hingga 1 Juli 2024, SHS telah mampu menyuplai benih padi sebanyak 122.750 kilogram, dari target 175.000 kilogram atau 70 persen dari target yang telah tercapai. 

“Jenis benih padi yang dibagikan adalah Inpari 32, terdapat 161 kelompok tani yang menerima anggota dari masing-masing petani sebanyak 12.407 orang,” kata Adhi. 

Lebih lanjut Adhi mengatakan, produksi benih padi oleh SHS untuk proyek ini juga dilakukan dengan partisipasi kelompok tani. Kolaborasi tersebut tentunya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan para petani.

“Dalam proses produksi benih padi, kami bekerja sama dengan kelompok tani sehingga dapat memperkuat rantai pasok dan keberlanjutan pertanian organik,” kata Adhi.

Menurut Adhi, proses perolehan subsidi benih melalui SHS dilakukan langsung melalui e-katalog Lembaga Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Dalam penjualan, SHS bersaing dengan produsen lain yang terdaftar dalam daftar benih padi Kementerian Pertanian dari segi harga, kualitas, pelayanan, dan kapasitas titik distribusi kelompok pertanian.

“Kami mengapresiasi langkah baik Kementerian Pertanian dalam menjamin akses benih yang baik bagi petani dengan menerapkan proses yang adil dan kompetitif melalui e-katalog,” ujarnya tentang Adhi.

 

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours