Roti Aoka Dinyatakan tak Kandung Natrium Dehidroasetat, Justru Roti Lain yang ‘Ditarik’

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Rumor roti Aoka mengandung natrium dehidroasetat sempat menghebohkan masyarakat. Pasalnya roti Aoka merupakan salah satu merk roti yang populer di kalangan masyarakat karena harganya yang terjangkau dan rasanya yang lezat. Sekarang “masalah” itu muncul. 

Pasalnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan pernyataan tegas mengenai penggunaan bahan tambahan pangan (BTP) berupa natrium dehidroasetat pada produk roti merek Aoka (PT Indonesia Bakery Family, Bandung). dan Okko (PT Abadi Rasa Food, Bandung).

Dalam pengumuman melalui akun Instagramnya, BPOM menjelaskan produk roti Aoka telah ditarik dari peredaran dan telah diuji pada 28 Juni 2024. Hasil pengujian menunjukkan produk tersebut tidak mengandung natrium dehidroasetat, tulis BPOM. Hal ini sesuai dengan pemeriksaan fasilitas produksi Aoka pada 1 Juli 2024 yang tidak menemukan natrium dehidroasetat di fasilitas produksi.

Kasus lainnya, BPOM memeriksa fasilitas produksi roti Okko (PT Abadi Rasa Food, Bandung) pada 2 Juli 2024 dan menemukan bahwa produsen tersebut diduga tidak menggunakan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB) yang benar dan konsisten. . . Atas temuan tersebut, BPOM menghentikan produksi dan distribusinya, tulis BPOM.

Selanjutnya, BPOM melakukan pengambilan sampel dan pengujian di laboratorium. Berdasarkan hasil pengujian BPOM, sampel roti Okko dari fasilitas produksi dan distribusi menunjukkan adanya kandungan natrium dehidroasetat (sebagai asam dehidroasetat) yang tidak sesuai dengan komposisi pada saat registrasi produk dan tidak mengandung bahan tambahan pangan (BTP) yang diizinkan. . . Sesuai Peraturan BPOM Nomor 11 Tahun 2019.

Atas temuan tersebut, BPOM memerintahkan Okko Bread untuk menarik produk tersebut dari peredaran, memusnahkannya dan melaporkan temuan tersebut ke BPOM. BPOM melalui unit pelaksana teknis di daerah mengendalikan proses penerimaan dan pemusnahan produk roti Okko.

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours