Perusahaan Teknologi Dorong Pelaku Usaha Melakukan Digitalisasi

Estimated read time 3 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Wakil Ketua Apindo DKI Jakarta Nurjaman dan penyedia teknologi digital PT Trans Digital Cemerlang (PT TDC) sepakat penggunaan transaksi digital perlu didorong meski ada sejumlah tantangan.

Nurjaman mengatakan transaksi digital akan menghemat waktu dan mengurangi kebutuhan untuk mengunjungi bank atau lokasi fisik lainnya.

Selain itu, juga akan mengurangi biaya transaksi yang sering dibebankan oleh metode pembayaran tradisional, seperti biaya administrasi atau perjalanan. Termasuk memfasilitasi akses layanan keuangan bagi masyarakat di daerah terpencil atau yang tidak memiliki akses mudah ke perbankan, kata Wakil Presiden Apindo Nurjaman di Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Bagi pengusaha, menurut Nurjaman, kredensial digital memudahkan pelacakan dan verifikasi transaksi, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas. “Banyak aplikasi yang menawarkan alat untuk mengelola anggaran dan memantau pengeluaran secara real time,” kata Nurjaman.

Di sisi lain, lanjutnya, perlu untuk meminimalkan risiko pencurian identitas dan penipuan online, serta masalah keamanan data yang dapat membahayakan informasi pribadi dan keuangan.

“Selain itu, terbatasnya akses perangkat atau koneksi internet dapat menjadi kendala bagi sebagian orang,” tambah Nurjaman.

Indra, seorang praktisi sekaligus Direktur Utama PT Trans Digital Cemerlang (TDC), perusahaan yang bergerak di bidang teknologi keuangan digital, mendukung penuh peningkatan kompetensi digital.

“Digitalisasi transaksi keuangan merupakan suatu keniscayaan yang harus ada di era ini, dan saya sependapat dengan Apindo DKI bahwa digitalisasi ini harus disosialisasikan, dimaksimalkan dan harus menjawab tantangan zaman. Digitalisasi ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap nasional. pertumbuhan ekonomi,” kata Indra.

Indra meyakini seluruh komponen yang terkait dengan pergerakan perekonomian, baik pemerintah maupun non-pemerintah, akan terus berupaya agar digitalisasi terus meluas ke seluruh transaksi di Indonesia. Inovasi penting bagi semua pihak untuk meyakinkan masyarakat, khususnya pelaku usaha, agar melakukan transfer sistem pembayaran dari tradisional ke digital.

Perusahaan juga terus melakukan inovasi, salah satunya adalah produk Posku Lite untuk pembayaran melalui QRIS melalui insentif literasi keuangan, seminar dan workshop pemasaran digital, serta insentif lainnya untuk menjadi mitra.

Beberapa di antaranya berkolaborasi dengan komunitas Tamado Group di wilayah Sumatera untuk menjangkau UMKM di provinsi tersebut. Aplikasi Posku Lite juga ikut memeriahkan kegiatan Ikatan Pedagang Pasar dan Pasar Indonesia (IKAPPI) Jawa Tengah di Bali yang mengadakan IKAPPI FEST di Bali beberapa waktu lalu.

Keterlibatan Poskulite di Pulau Sumatera, Jawa Tengah, dan Bali tentunya untuk mendukung dan memfasilitasi para pelaku usaha dan UMKM di ketiga provinsi tersebut untuk memberikan kemudahan dan kecepatan baik dalam pendaftaran maupun pelaksanaan transaksi usaha. wawasan tentang kegunaan dan manfaat aplikasi POS digital,” kata Indra.

Menurut Indra, rendahnya kesadaran dan literasi membuat masyarakat khususnya pelaku bisnis masih takut menggunakan aplikasi digital tersebut. Faktanya, aplikasi mesin kasir digital memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah untuk mencatat transaksi sehingga membuat arus keluar masuk barang atau uang dalam menjalankan bisnis menjadi lebih aman dan terpercaya.

Indra juga mengamini pentingnya pelatihan dan dukungan konsultasi keuangan bagi UKM, terutama dalam penyusunan laporan keuangan berkualitas tinggi. Meski demikian, Indra berharap perusahaan penyedia bantuan dan konsultasi keuangan digital sudah memiliki ISO 9001:2015 untuk manajemen mutu, ISO 37001:2016 untuk sistem manajemen anti suap, dan ISO 27001:2022 untuk sistem keamanan informasi.

Bentuk sederhana penerapan ISO adalah respon cepat terhadap masukan pengguna (pedagang) yang datang dari berbagai saluran informasi. ISO ini juga sebagai pertahanan diri terhadap kemungkinan kebocoran data, ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours