UMKM Pertamina raih transaksi Rp2 miliar di pameran CAEXPO China

Estimated read time 2 min read

JAKARTA dlbrw.com – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan PT Pertamina (Persero) saat pameran 21st China ASEAN Expo 2024 (CAEXPO 2024) di Tiongkok pada 24-24. 28 September 2024

Vice President Corporate Communications Pertamina, Fudger Joko Santoso mengatakan, Pertamina mengumpulkan UMKM dengan bantuan klien asing untuk memperluas jaringan pemasaran dan membuka peluang kolaborasi baru.

Dalam pameran tersebut, Pertamina menampilkan berbagai produk inovasi UMKM antara lain makanan, kerajinan, dan produk kecantikan yang mendapat perhatian luas dari para pengunjung.

“Partisipasi ini tidak hanya akan meningkatkan visibilitas produk-produk yang dihasilkan para mitra, namun juga peluang untuk memperluas pasar internasional dan menjalin kerja sama dengan mitra bisnis di kawasan Asia dan Tiongkok,” kata Fudger dalam pidatonya di Jakarta, Senin.

Menurutnya, Pertamina berkomitmen mendukung pengembangan UMKM yang didukungnya melalui program pelatihan, teknologi, dan jaringan pemasaran.

“Dengan semangat gotong royong diharapkan UMKM dapat meningkatkan daya saing dan berkontribusi terhadap pembangunan perekonomian nasional,” tambah Fadjar.

Produk kecantikan dari UMKM Bali Ayo Nature banyak diminati pengunjung CAEXPO 2024, salah satunya Ding Wei, pembeli besar di China, dengan transaksi lebih dari $2 miliar untuk produk body lotion dan spa.

Selain itu, ada dua eksportir besar Tiongkok yang tertarik dengan produk kecantikan Bali Ayu dan berencana melakukan pembelian dalam jumlah besar.

Sementara produk meja kayu dari UMKM Woodeco sedikitnya diminati tiga pembeli besar di China.

Pada

“Mereka menanyakan katalog produk dan harga serta membeli sampel produk untuk hal-hal yang mereka minati,” kata Fudger.

Pada masa kegiatan reformasi perdagangan, produk makanan kulit ikan dilirik oleh dua perusahaan Tiongkok yaitu Xinjiang Shenhong Trading Company dan Beijing Jin Sanfu Trading Company.

Perusahaan Shenzhen menunggu penawaran harga kulit ikan UMKM. Selain itu, ada desainer asal Singapura, Evie, yang juga tertarik dengan kain tenun premium NTB.

Untuk transaksi ritel pada pameran tersebut, lebih dari 80 persen produk UMKM Pertamina terjual.

Fadjar menambahkan, dengan dukungan Pertamina, UMKM diharapkan terus berinovasi dan meningkatkan daya saingnya di pasar global.

Dengan mengikuti pameran internasional, Pertamina berkomitmen membantu UMKM di Indonesia mengembangkan kapasitas dan memperluas akses pasar baik nasional maupun internasional.

Pencapaian ini merupakan langkah awal untuk meningkatkan kerja sama UMKM dengan berbagai pihak di kawasan ASEAN, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih besar dan berkelanjutan.

“Pertamina berharap UMKM yang didukungnya dapat terus tumbuh dan berkontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional,” jelas Fudger.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours